nusabali

Pemkab Baru Siapkan 205 Tempat Tidur Isolasi Terpusat

Hingga Kemarin Masih Ada 302 OTG-GR di Gianyar yang Isolasi Mandiri

  • www.nusabali.com-pemkab-baru-siapkan-205-tempat-tidur-isolasi-terpusat

Tiga lokasi Isoter yang disiapkan Pemkab Gianyar masing-masing di Maxone Hotel kawasan Ubud, Balai Diklat BPK Pering kawasan Desa Pering, dan Vasini Hotel kawasan Tohpati

GIANYAR, NusaBali

Pemkab Gianyar baru siapkan 205 bed (tempat) tidur untuk isolasi terpusat (Isoter) pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala dan gejala ringan (OTG-GR). Bed tersebut tersebar di 3 lokasi Isoter, yakni Maxone Hotel di kawasan Ubud (Kecamnatan Ubud,m Gianyar), Balai Diklat BPK Pering di Desa Pering (Kecamatan Blahbatuh, Gianyar), dan Vasini Hotel kawasan Tohpati (Denpasar Timur). Hingga Minggu (15/8), di Gianyar masih ada 302 pasien OTG-GR yang menjalani isolasi man-diri (Isoman) di rumah masing-masing.

Kapasitas hunian 3 tempat Isoter yang disiapkan Pemkab Gianyat ini terbatas hanya 205 bed. Rinciannya, 90 bed di Maxone Hotel, 75 bed di Vasini Hotel, dan 40 bed di BPK Pering. Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Hendra Cipta mengatakan akan memaksimalkan 3 tempat Isoter ini. Jika jumlah OTG-GR yang harus ditempatkan di Isoter melebihi kapasi-tas, Letkol Hendra akan berkoordinasi dengan Pemkab Gianyar dan pihak terkait lainnya.

"Kita berusaha penuhi itu dulu. Nanti koordinasi dengan Bupati Gianyar. Yang jelas, sebelum penuh, sudah harus siapkan tempat Isoter baru," jelas Letkol Hendra yang ditemui seusai Apel Kesiapan Penjemputan Isolasi Mandiri ke Isoter di parkir barat Stadion Kapten I Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (14/8) pagi.

Letkol Hendra menyebutkan, hingga saat itu masih ada bed yang kosong di 3 tempat Isoter tersebut. Bahkan, di Maxone Hotel masih banyak tempat tidur yang belum terisi. “Nanti Puskesmas Tegallalang juga akan disiapkan sebagai tempat Isoter cadangan. Tapi, sebelum itu, kita penuhi itu dulu 3 Isoter yang ada," terang Letkol Hendra yang didampingi Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Asisten III Setda kabuoaten Gianyar Ngakan Dharma Jati, dan Plt Kepala Dinas Ke-sehatan Kabupaten Gianyar dr Ida Komang Upeksa.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, mengatakan keterisian tempat Isoter yang disiapkan sudah nyaris penuh. Dari 90 bed yang ada di Maxone Hotel Ubud, bahkan 91 orang OTG-GR, terdiri dari 49 laki-laki dan 42 perempuan.

Demikian pula Isoter di Balai Diklat BPK Pering yang berkapasitas 40 tempat tidur, saat ini sudah sempat terisi 43 orang. "OTG-GR di tempat Isoter BPK Pering berkurang 3 orang hari ini (kemarin). Situasi saat ini aman," jelas Wisnu Wijaya saat dikonfirmasi NusaBali, Minggu (15/8) malam.

Sedangkan keterisian Isoter di Vasini Hotel yang berkapasitas 75 tempat tidur, kata Wisnu Wijaya, masih dicek keterisiannya. "Belum ada laporan sampai sekarang. Ini saya masih menunggu laporan," terang birokrat yang juga Sekda Kabupaten Gianyar ini.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Gianyar, Ngakan Dharma Jati, mengatakan hingga Minggu kemarin masih ada 302 orang OTG-GR di Gianyar yang menjalani isolasi mandiri (Isoman). Pemerintah dibantu TNI/Polri saat ini masih terus bergerak melakukan penjemputan pasien Isoman untuk dibawa ke tempat Isoter.

Menurut Dharma Jati, Pemkab Gianyar terus berupaya menyediakan tempat tidur untuk Isoter tambahan. "Kalau untuk Isoter, kita sudah dibantu provinsi. Per hari ini ada tambahan 200 bed Isoter di Hotel Urban Hitz Kuta. Dan, akan terus dilakukan koordinasi dan pendekatan ke hotel-hotel untuk menambah tempat Isoter," katanya. Sesuai perintah Gubernur Bali, kata Dharma Jati, semua OTG-GR di Gianyar dipastikan akan diarahkan ke tempat Isoter.

Sementara itu, jajaran Polsek dan Koramil di 7 kecamatan se-Gianyar sudah bergerak menggeser para OTG-GR yang Isoman ke tempat Isoter, seusai apel, Sabtu pagi. Untuk Kecamatan Payangan, kegiatan penjemputan pasien Isoman dipimpin langsung Kapolsek Payangan I Putu Agus Ady Wijaya bersama Danramil 1616/07 Payangan, Kapten Inf I Ketut Suprapta.

Ada 20 orang OTG-GR yang di Payangan yang dijemput hari itu untuk melaksanakan Isoter di Maxone Hotel. Kapolsek Payangan, AKP I Putu Agus Ady Wijaya, mengatakan penjemputan bersinergi dengan Koramil 07 Payangan membawa pasien OTG-GR menggunakan Truk Dalmas Polres Gianyar. “Saat melaksanakan penjemputan, kita gunakan Truk Dalmas Polres Gianyar dan kita kawal sampai ke tempat Isoter,” jelas AKP Putu Agus.

Sedangkan Polsek Tampaksiring hari itu mnjemput 8 orang OTG-GR yang sebelumnya melaksanakan Isoman di wilayah Desa Pejeng Kangin, untuk dibawa ke Maxone Hotel. "Setelah terdata, kami lakukan pendekatan secara persuasif dan humanis agar mereka (OTG-GR) mau melaksanakan Isoter," ujar Kapolsek Tampaksiring, AKP Ni Luh Suardini, didampingi Danramil 1616/03 Tampaksiring, Kapten Inf Agung Malia. *nvi

Komentar