nusabali

Mahasiswa Dilatih Bela Negara

  • www.nusabali.com-mahasiswa-dilatih-bela-negara

Sebanyak 78 mahasiswa dari 11 perguruan tinggi digembleng di Rindam IX Udayana, Banjar Tenten, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Rabu (26/4).

TABANAN, NusaBali

Mereka mendapatkan pendidikan dasar rutin yang diselenggarkaan Resimen Mahasiswa Ugracena Bali (Menwa) ke XXXI. Tujuannya menekankan pembelajaran disiplin.

Kegiatan pendidikan dasar ini dibuka Asisten I Gubernur Bali, I Dewa Eka Jaya Wardana. Dikatakan, pelatihan bela negara sangat penting ditanamkan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. “Ini bukan hal baru, hanya saja belakangan ini mulai dibangkitkan kembali,” ungkapnya. Sementara Komandan Menwa Ugracena Bali, I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan, pelatihan bela negara diikuti 78 mahasiswa, 39 putri dan 39 putra dari 11 perguruan tinggi di Bali. “Pesertanya adalah mahasiswa semester II yang sudah direkrut dari masing-masing perguruan tinggi serta melalui proses seleksi,” ungkapnya.

Wakil Komandan Rindam IX Udayana, Kolonel Inf Hidayat Suryono mengatakan, 78 mahasiswa ini akan mengikuti pendidikan dasar selama 10 hari di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam IX Udayana. Mereka akan diberikan latihan pengenalan lingkungan serta lebih menekankan kedisplinan dan wawasan kebangsaan. Setelah 10 hari berlatih dari Rabu (26/4) hingga Jumat (5/, mereka akan berkumpul di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana yang selanjutnya diadakan hand march (jalan pendek) sampai di Pantai Padang Galak, Sanur, Denpasar untuk melakukan tradisi pembaretan. * d

Komentar