nusabali

Copot Cincin, 6 Personel Damkar Dikerahkan

  • www.nusabali.com-copot-cincin-6-personel-damkar-dikerahkan

Satu unit light rescue pemadam kebakaran Jakarta Utara beserta enam personel dikerahkan ke Rusun Marunda, Jumat (19/1) siang.

JAKARTA, NusaBali

Bukan untuk memadamkan kebakaran, anggota damkar ini dikerahkan untuk membantu melepas cincin yang tersangkut di jari seorang anak perempuan. "Korban atas nama Meredith usianya 11 tahun. Warga datang melapor ke Pos Damkar Marunda karena cincinnya kesempitan," kata Putut Jantoko, Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara seperti dilansir kompas.
 
Sejak pukul 12.10, keenam personel mencoba melepas cincin perak tak bermata itu dari jari tengah Meredith. Mereka menggunakan berbagai cara mulai dari melumasi dengan air, hingga menggunakan benang. Cincin akhirnya terlepas 20 menit kemudian setelah personel dengan hati-hati menggunakan tang untuk memotong cincin.
 
"Korban bisa ditangani dengan aman dan selamat," ujar Putut. Siswi yang melapor berdomisili di Rusun Marunda Blok A1 Nomor 202, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Satriadi Gunawan membenarkan aksi penyelamatan yang dilakukan petugas. "Ya, betul. Sudah selesai penanganannya," kata Satriadi, Jumat (19/1) seperti dilansir detik.
 
Selain bertugas memadamkan kebakaran, ada beberapa tugas yang dapat dilakukan petugas pemadam kebakaran. Diberitakan sebelumnya, petugas damkar dapat menangani laporan warga untuk mengevakuasi sarang tawon.
 
Mereka juga pernah beberapa kali mengevakuasi hewan liar yang datang ke permukiman warga. Kasus terbanyak ialah evakuasi ular.  *

Komentar