nusabali

Pemkab Siapkan Penyambutan Presiden RI

  • www.nusabali.com-pemkab-siapkan-penyambutan-presiden-ri

Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan berkunjung ke Tabanan, Senin (27/11).

TABANAN, NusaBali

Presiden akan meresmikan sejumlah proyek, antara lain Pembangkit Listrik Micro-Hidro (PLMH) dan penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Pemkab Tabanan kini mempersiapkan penerimaan pada beberapa lokasi yang akan dituju Presiden. Kamis (9/11), Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengungkapkan, Presiden Jokowi berencana ke Tabanan, Senin (27/11). Namun, apakah tanggal itu sudah jadi kepastian, pihaknya masih menunggu jawaban dari Istana Kepresidenan di Jakarta.

Dikatakan, selain akan membagikan sertifikat tanah ke Tabanan, Presiden Jokowi juga akan meresmikan PLMH di Desa Jatiluwih, Kecamatan Tabanan. Lokasi acara pemberian sertifikat oleh Presiden, Wirna menyampaikan masih dicek oleh beberapa instansi. "Karena acara Presiden ini akan dihadiri sekitar 15.000 undangan. Apakah tempat pemberian sertifikat ini di Bedugul atau di Taman Pujaan Bangsa, Margarana, itu masih dicek. Tempat acara ini harus luas," terangnya.

Meskipun jadwalnya belum dipastikan pihak Istana, lanjut Wirna, Pemkab Tabanan tetap mempersiapkan rencana lokasi. Pihaknya juga telah merapatkan unsur instansi terkait untuk penyambutan orang nomor satu di Indonesia itu. "Saya tegaskan, jadwal belum pasti. Tapi diagendakan akan ke Tabanan,’’ tandas Wirna Ariwangsa.

Sebelumnya, Selasa (24/10), Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Tabanan I Wayan Miarsana menerima audiensi Tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali di ruang kerja bupati. Audiensi BPN dipimpin Kakanwil Agraria dan Tata Ruang BPN Jaya SH. Audiensi tersebut untuk koordinasi terkait persiapan penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Presiden Jokowi di Tabanan. Saat itu, hadir juga Kasi Hukum Kepala Kantor BPN Tabanan Ida Bagus Rediana dan Kasi Infrastruktur BPN Tabanan.

PLMH di Jatiluwih, salah satu teknologi terbarukan di Bali. Proyek ini diwujudkan dari hasil kerjasama Pemkab Tabanan dengan Pemerintah Toyama, Jepang. PLMH sumbangan dari Pemerintah Toyama Jepang. Karena ketertarikkannya atas kecantikan, keindahan alam dan Budaya Bali. Sehingga Pemerintah Toyama terpanggil untuk ikut melestarikan dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Tabanan. Hal tersebut tidak terlepas juga karena usaha Pemkab Tabanan memajukan sektor pertanian di Tabanan. Presiden Jokowi juga akan meresmikan jembatan penghubung Wangaya Gede - Jatiluwih dan Mengesta, Penebel. *d

Komentar