nusabali

Anggaran Perbaikan Tiga Jembatan Tembus Rp 10,7 Miliar

  • www.nusabali.com-anggaran-perbaikan-tiga-jembatan-tembus-rp-107-miliar

Pemkab Tabanan memperbaiki tiga jembatan di dua wilayah kecamatan tahun ini. Dari tiga jembatan itu, dua ada di Kecamatan Penebel yakni jembatan penghubung Desa Wangaya Gede – Desa Mengesta dan jembatan penghubung Desa Rejasa – Desa Pesagi.

TABANAN, NusaBali

Satu lagi ada di Kecamatan Kerambitan yakni jembatan Yeh Lating penghubung Desa Kelating – Desa Tibubiu. Ketiga jembatan ini akan menggunakan prikes, anggarannya mencapai Rp 10.727.600.000.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tabanan I Gusti Bagus Krisna Kamasan mengatakan, jembatan penghubung Wangaya Gede dengan Desa Mangesta di Kecamatan Penebel sepanjang 14 meter dengan lebar 6 meter. Dana pembangunan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1.448.700.000. Sementara jembatan penghubung Desa Rejasa dengan Desa Pesagi sepanjang 30 meter dan lebar 6 meter dianggarakan dari dana DAK sebesar Rp 3.369.300.000.

Sedangkan jembatan penghubung Desa Kelating dengan Desa Tibubiu dengan anggaran Rp 5.909.600.000. Panjang jembatan yang jadi jalur alternative Pantai Soka – Pantai Tanah Lot ini sepanjang 16 meter dan lebar 6 meter. Tiga jembatan ini mendapatkan prioritas perbaikan karena kondisinya sudah parah dan merupakan jalur menuju obyek wisata. “Tahun ini hanya tiga jembatan yang mendapatkan perbaikan, lainnya masih menunggu jadwal,” ungkap Krisna Kamasan di Tabanan, Jumat (26/5).

Dikatakan, ketiga jembatan ini semuanya sudah proses pengerjaan. Hanya saja jembatan penghubung Desa Kelating dengan Desa Tibubiu masih proses pengkajian karena belum ada gambar lengkap. DED jembatan di telabah Yeh Lating itu sudah ada sejak tahun 2016. Namun setelah dicek oleh tim termasuk juga dicek oleh konsultan pemenang dari beberapa sumber mengatkaan jika jembatan itu kurang tinggi. “Kontraktor baru bangun pondasi,” terang Krisna Kamasan. *d

Komentar