nusabali

Jelang Nyepi, Penumpang Padati Padangbai

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-penumpang-padati-padangbai

Kapal terakhir dari Pelabuhan Lembar, Senin (27/3) pukul 20.00 Wita, sedangkan kapal terakhir berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Selasa (28/3) pukul 03.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Calon penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB), memadati Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, terutama di malam hari. Penumpang bersepeda motor antre hingga pukul 02.00 Wita, Minggu (26/3).

Sedangkan hingga siang hari, penumpang bersepeda motor hanya antre di dalam pelabuhan, sedangkan belasan truk antre hingga di luar Pelabuhan Padangbai.

Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai I Wayan Rusta mengatakan, sebenarnya arus penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar padat mulai Sabtu (25/3) siang. Penumpang siang hari didominasi truk-truk mengangkut barang dan kendaraan pribadi. Sedangkan malam hari didominasi pengendara sepeda motor.

Terjadinya antrean di malam hari menyebabkan petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai berjaga-jaga hingga di luar pelabuhan dipimpin Kapolsek Kompol I Ketut Suharto Giri.

Dari dua dermaga yang ada, Dermaga II masih dalam perbaikan, tetapi telah bisa digunakan hanya untuk bongkar muat kapal-kapal kecil yang memuat truk-truk sedang.

“Bongkar muat masih belum normal, karena Dermaga II hanya bisa dioperasikan untuk bongkar muat kapal kecil, dan hanya truk-truk sedang yang bisa melintas,” kata Rusta, Minggu kemarin.

Rusta mengatakan, sehubungan Hari Raya Nyepi telah menerima surat pemberitahuan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kantor Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar, berupa Surat Edaran No 209/01/OPP-L/III/2017, tentang Penutupan Sementara Pelabuhan Penyeberangan Padangbai–Pelabuhan Lembar.

Penutupan itu atas permohonan melalui Surat Edaran Gubernur Bali No 003.2/19157/DPIK tahun 2016, per 6 Desember 2016 tentang Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939.

Atas dasar itu, penutupan operasional pelabuhan mulai Selasa (28/3) pukul 06.00 hingga Rabu (29/3) pukul 06.00 Wita. Kapal terakhir berangkat dari Pelabuhan Lembar, Senin (27/3) pukul 20.00 Wita, sedangkan kapal terakhir berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Selasa (28/3) pukul 03.00 Wita. Sedangkan kapal pertama berangkat dari Pelabuhan Lembar, Rabu (29/3) pukul 03.00 Wita dan kapal pertama berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Rabu (29/3) pukul 08.00 Wita. * k16

Komentar