nusabali

Suyasa Turut Ngerastiti Kelancaran Upacara

Hadiri Karya Nyekah di Desa Getasan, Kecamatan Petang

  • www.nusabali.com-suyasa-turut-ngerastiti-kelancaran-upacara

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Ketua I DPRD Badung I Wayan Suyasa menghadiri karya Pitra Yadnya, Nyekah di Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung, pada Sukra Paing Ugu, Jumat (30/7).

Kehadiran politisi partai Golkar asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi tersebut diterima di Wantilan Pura Hyang Api, desa setempat. Suyasa pun ikut ngerastitiang (mendoakan) agar upacara yang puncaknya berlangsung pada Saniscara Pon Ugu, Sabtu (31/7) berjalan lancar lan labda karya.

“Saya turut ngerastitiang agar yadnya suci ini berjalan lancar agar nyekah memukur sebagai dharmaning leluhur ini berjalan labda karya tur sida sidaning don sampai ngelinggihan di masing-masing merajan,” ujar Suyasa.

Suyasa yang kini menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Badung itu menyaksikan langsung dan berbaur dengan prajuru adat dan masyarakat yang tengah mempersiapkan sarana aci upakara. Dirinya pun mengaku bangga, meski di tengah pandemi Covid-19, masyarakat Desa Getasan saling bahu membahu melaksanakan yadnya suci pitra yadnya secara berkelompok dengan dana swadaya.

Dalam kesempatan tersebut, Suyasa juga menyerahkan punia secara pribadi sebesar Rp 7,5 juta. Turut hadir pula mendampingi Suyasa, yakni Anggota DPRD Badung I Nyoman Suka yang juga menyerahkan punia sebesar Rp 1 juta. “Kami sangat mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Desa Getasan dalam melaksanakan upacara nyekah meskipun di tengah suasana pandemi Covid-19. Apalagi yadnya suci ini dilaksanakan secara swadaya,” ujarnya.

Suyasa juga tak henti-hentinya memberikan sosialisasi tentang penerapan prokes. Sebab lonjakan kasus Covid-19 saat ini masih tinggi, sehingga jangan sampai terjadi kluster baru akibat tidak menerapkan prokes dengan baik. “Jangan lupa karena kita masih dalam suasana pandemi, agar prokes tetap dijalankan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” harap Suyasa.

Sementara Ketua Panitia I Gede Arsadi, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kehadiran pimpinan Golkar Badung tersebut. Dia menyampaikan bahwa upacara Pitra Yadnya Nyekah ini diikuti oleh 29 sawa, metatah 37 orang, dan metelu bulanan 42 orang. Kegiatan upacara ini memakai dana swadaya, masing-masing sawa dikenakan urunan sebesar Rp 5 juta.

“Selama kegiatan berlangsung kami tetap menerapkan prokes secara ketat. Kami mohon doa restu agar upacara ini berjalan lancar. Hari ini (Jumat) akan dilaksanakan upacara ngangget don bingin, dan puncak upacara akan dilaksanakan pada besok (Sabtu),” ucapnya.  ind

Komentar