nusabali

Pembongkaran Candi Gelung Besakih Diundur 2023

  • www.nusabali.com-pembongkaran-candi-gelung-besakih-diundur-2023

AMLAPURA, NusaBali
Pembongkaran candi gelung di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, sedianya dilaksanakan tahun 2021 namun diundur tahun 2023.

Pembongkaran dilakukan dengan membangun ulang karena mudra (mahkota) candi gelung jatuh disambar petir, Sabtu 28 Maret 2020 lalu.  “Pembongkaran candi gelung di Pura Penataran Agung Besakih tidak jadi tahun 2021 ini, diundur tahun 2023. Itu pemberitahuan yang kami terima dari Pemprov Bali,” jelas Jro Mangku Suyasa juru bicara pamangku saat ditemui di Pura Penataran Agung Besakih, Minggu (28/3). Candi yang sepenuhnya berbahan batu tabas dibangun tahun 1979 jelang Karya Agung Eka Dasa Rudra tahun itu, yang merupakan upacara setiap 100 tahun sekali.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, menambahkan bangunan candi gelung secara fisik masih kokoh, hanya mudra yang jebol, namun secara niskala telah diambil petir.

Sebelumnya candi gelung itu sempat dipelaspas kembali, tujuannya agar Ida Bhatara di puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, Redite Pon Julungwangi, Minggu (28/3) bisa melintas di candi gelung. Informasi yang didapatkan Jro Mangku Widiartha, mengenai pembangunan ulang candi gelung nantinya dengan membongkar total pada candi gelung bagian tengah. Harapannya agar ketiga candi gelung dibongkar ulang.

Candi gelung di Pura Penataran Agung Besakih merupakan batas Mandala I dengan Mandala II dari tujuh mandala di Pura Penataran Agung Besakih. Di Mandala I ada candi bentar, bale kulkul, bale pegat, bale palegongan dan pegambuhan, dan bangle ongkara. Mandala II ada gelung kori Agung, bale gong, bale pewedaan, bale kembang sirang, bale panggungan, bale agung, padma capah, bale paruman alit, meru tumpang sia, meru tumpang solas, bale pepelik, bale tegeh, padmatiga, bale pesamuan agung, dan bale pepelik.

Sepintas candi gelung tersebut tidak ada yang rusak, hanya jika diperhatikan di bagian mudra (mahkota) ada yang rusak. Dua kali petir merobohkan mudra candi gelung Pura Penataran Agung Besakih menyebabkan lapisan batu di bangunan candi bagian atas jatuh berserakan. Mudra yang jatuh disambar petir itu sebelumnya sempat diperbaiki awal tahun 2017. *k16

Komentar