nusabali

Pastika Minta Ada Pertemuan Semua Kandidat

  • www.nusabali.com-pastika-minta-ada-pertemuan-semua-kandidat

Gubernur Bali Made Mangku Pastika minta dirancang satu pertemuan yang bisa menghadirkan seluruh pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada serentak di 6 daerah di Bali, 9 Desember 2015 depan. 

Pastika berharap, melalui acara menghadirkan seluruh pasangan calon tersebut, nantinya dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang terbaik untuk Bali. Dan, ke depannya bisa membangun hubungan yang baik antara Pemprov Bali dan Pemkab/Pemkot se-Bali---yang dipimpin para Cabup/Cawali terpilih melalui Pilkada 2015 serentak. Harapannya lebih jauh, program pembangunan bisa bersinergi dari pusat sampai tingkat kabupaten/kota. 

Menurut Pastika, ketidakpahaman tentang hubungan pemerintahan oleh pasangan calon terpilih, secara tidak langsung membuat dirinya selaku Gubernur Bali disalahkan oleh pemerintah pusat, karena belum bisa membimbing pemerintah kabupaten/kota. Itu sebabnya, sebelum hari H coblosan Pilkada 2015, Pastika selaku Gubernur meminta KPU Bali bikin kegiatan yang bisa menghadirkan seluruh 14 pasangan Cabup-Cawabup/Cawali-Cawawali.

“Lewat acara ini, saya berharap bisa nanti lahir pemimpin-pemimpin yang terbaik untuk Bali dan bisa membangun pemerintahan yang lebih baik dengan pasangan calon terpilih. Di sini saya tidak punya kepentingan apa pun. Saya cuma ingin Bali semakin harikian baik,” ujar Pastika. 

“Kalau sampai ada pasangan calon yang tidak paham tentang pemerintahan, maka Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerag tentu akan disalahkan,” lanjut mantan Kapolda Bali dan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (Kalakhar BNN) berpangkat Komisaris Jenderal Polisi (Purn) ini.

Sementara itu, Ketua KPU Bali Dewa Raka Sandhi juga mengaku pihaknya merasakan hal yang sama dengan Gubernur Pastika. Menurut Raka Sandhi, dalam pelaksanaan tugas-tugasnya, sering terkendala tidak nyambungnya program yang dilaksanakan. Untuk itu, pihaknya sangat setuju gagasan Gubernur Pastika menggelar satu pertemuan yang dihadiri seluruh pasangan calon.

“Kami akan segera merancang acara pertemuan para pasangan calon ini ini. Kami akan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan,” jelas Raka Sandhi. “Kami berharap undangan juga ditembuskan kepada KPU Pusat,” lanjut komisioner KPU asal Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini.

Secara keseluruhan, ada 14 pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada serentak di 6 daerah di Bali, 9 Desember 2015 nanti. Untuk Pilkada Badung 2015, akan terjadi tarung head to head dua pasangan calon, yakni I Nyoman Giri Prasta-I Ketuat Suiasa alias Paket Gitriasa (nomor urut 1 yang diusung PDIP-Golkar-NasDem-Hanura) dan I Made Sudiana-I Nyoman Sutrisno (nomor urut 2 yang diusung Demokrat-Gerindra). 

Selanjutnya...

Komentar