nusabali

Kasus Covid-19 Baru Masih Bertambah

Aparat Terus Genjot Sidak Penerapan Prokes

  • www.nusabali.com-kasus-covid-19-baru-masih-bertambah

Pasien yang diketahui terpapar virus Corona itu bermula dari berbagai faktor. Antara lain, karena ikut swab sebagai syarat perjalanan, kontak erat, dan swab screning kantor.

TABANAN, NusaBali

Polsek Kerambitan, Tabanan, menggelar sidak (inspeksi mendadak) penerapan disiplin penerapan protokol kesehatan Covid-19, Kamis (5/11). Sidak yang menyasar 12 lokasi atau tempat umum ini menemukan 7 pelanggar. Sementara itu, per Kamis (5/11), angka kasus Covid-19 di Tabanan terjadi penambahan 6 orang, tersebar di 3 kecamatan.

Para pelanggar langsung diberikan sanksi teguran karena kedapatan tak menggunakan masker dengan baik. Kapolsek Kerambitan Kompol I Dewa Gede Putra menegaskan, sidak pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 dilakukan sesuai dengan Pergub Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Perbup Tabanan Nomor 44 Tahun 2020. "Kami turun bersama 7 anggota di 12 tempat umum," ujarnya.

Hasil sidak di 12 lokasi tersebut menemukan 7 pelanggar yang tidak menggunakan masker dengan benar. Mereka pun sudah dikenakan sanski teguran. "Pelanggar pemakaiana masker ini kami temukan seperti di pantai dan komplek perumahan," katanya.

Para pelanggar tak menggunakan masker dengan baik, seperti masker tidak menutup hidung dan menggunakan masker di dagu. "Kami tidak hanya menggelar sidak. Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik," tegasnya.

Kompol Dewa Gede Putra menambahkan sidak di wilayah Polsek Kerambitan akan terus dilakukan sesuai jadwal. Tujuanya untuk mengingatkan masyarakat terus waspada dalam pencegahan Covid-19.

Sementara itu, per Kamis (5/11), angka kasus Covid-19 di Tabanan terjadi penambahan 6 orang, tersebar di 3 kecamatan. Rinciannya, 2 orang dari Kecamatan Pupuan, 2 orang dari Kecamatan Kediri dan 2 orang dari Kecamatan Tabanan. "Mereka sudah diisolasi di tempat berbeda. Lima orang di Hotel di Denpasar karena tanpa gejala dan gejala ringan, 1 orang di UPTD RS Nyitdah," tegas Kordinator Bidang Informasi Publik Satgas Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan.

Dikatakan, pasien yang diketahui terpapar virus Corona itu bermula dari berbagai faktor. Antara lain, karena ikut swab sebagai syarat perjalanan, kontak erat, swab screning kantor, dan pasien yang berobat karena memiliki gejala-gejala yang mengarah terpapar Covid-19. "Yang jelas, enam pasien Covid-19 yang baru ini sudah mendapatkan penanganan sesuai protokol kesehatan Covid-19," tegasnya.

Kendati adanya penambahan kasus baru, dihari yang sama terjadi penambahan 10 pasien sembuh. Sebelumnya mereka dirawat di tempat berbeda. Total kasus positif Covid-19 di Tabanan 840 orang, terdiri dari atas masih dalam perawatan 47 orang, dinyatakan sembuh 758 orang, dan meninggal dunia 35 orang.

Tak hanya Polsek Kerambitan, Polsek Pupuan, Tababanan juga menggelar hal serupa dengan menyasar 9 tempat umum. Petugas Polsek ini menemukan delapan pelanggar karena tidak memakai makser dengan baik.*des

Komentar