nusabali

Calon Pengurus OSIS Dapat Pelatihan Kepemimpinan

  • www.nusabali.com-calon-pengurus-osis-dapat-pelatihan-kepemimpinan

AMLAPURA, NusaBali
Calon pengurus OSIS SMKN Amlapura diberikan pelatihan jelang Pemilihan OSIS (Pemilos) secara online.

Materi yang diberikan tentang kepemimpinan, tugas dan fungsi masing-masing pengurus OSIS, dan cara menyusun program kerja. Pelatihan diberikan guru pembina I Made Yuli Arsana dan I Wayan Puja Astawa di Lab Komputer SMKN Amlapura, Senin (2/11).

Tahun ini merupakan pemilihan OSIS yang kedua kali di SMKN Amlapura secara online. Beda dengan pemilihan tahun lalu, walau online tetapi siswa hadir ke sekolah. Pemilihannya terbatas, hanya untuk siswa kelas X dan kelas XI karena siswa kelas XII masih PKL (praktek kerja lapangan). Pemilos kali ini, siswa tidak diperkenankan datang ke sekolah, cukup memilih lewat akses internet.

Pemegang hak suara yakni 1.184 siswa dan 92 guru dan pegawai. Semuanya memiliki aplikasi google form di HP android masing-masing. Sosialisasi perekrutan calon pengurus OSIS dan MPK (majelis perwakilan kelas) serta pembagian link formulir pendaftaran dilakukan pada tanggal 12-18 Oktober. Pengumuman pendaftaran pada Senin (19/10), dan pelantikan Jumat (27/11). “Nanti orasi dan debatnya melalui media sosial,” kata Made Yuli Arsana.

Wayan Puja Astawa mengatakan, sisi positif Pemilos SMKN Amlapura yakni tetap menjalankan protokol kesehatan, memperkenalkan teknologi kepada seluruh siswa, dan memilih secara online. Pemilos SMKN Amlapura dilaksanakan untuk memilih Ketua OSIS dan pengurus masa bhakti 2020-2021 menggantikan Ketua I Gede Edy Apriliawan. Ketua Panitia Kadek Indra Dwi Payana. “Ini pemilos yang praktis, bisa memilih dari mana saja, asalkan ada akses internet,” ungkap Kadek Indra Dwi Payana. *k16

Komentar