nusabali

Usaba Kapat Tanpa Rejang dan Sesangi

  • www.nusabali.com-usaba-kapat-tanpa-rejang-dan-sesangi

AMLAPURA, NusaBali
Usaba Kapat di Pura Puseh Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem tanpa upacara pamiosan disertai ke beji solas.

Pagelaran tari Rejang Dewa dan naur sesangi (bayar kaul) juga ditiadakan. Termasuk tanpa melasti ke Pantai Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis.

Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, mengatakan hasil paruman pada Wraspati Paing Julungwangi, Kamis (3/9) memutuskan Usaba Kapat tanpa melasti, tidak masucian ke beji solas, naur sesangi, pamiosan, dan pagelaran tari rejang. “Ida Bhatara dari masing-masing pura pamaksan juga tidak katuran ke Pura Puseh,” ungkap I Komang Sujana, Jumat (4/9). Sehingga tidak ada krama dari 27 banjar adat mengusung 27 jempana.

Dipastikan, Usaba Kapat tahun ini pamedeknya tidak seramai sebelumnya. Walau Desa Adat Duda mewilayahi 27 banjar adat, namun ada pembatasan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Sambil menggelar Usaba Kapat, juga mohon agar serangan Covid-19 kian menjauh,” harap Komang Sujana. Tingginya kasus positif Covid-19 di Karangasem yang menyebabkan Desa Adat Duda menggelar paruman untuk memangkas ritual yang melibatkan orang banyak. *k16

Komentar