nusabali

Pengibar Bendera Upacara Proklamasi Ke-75 Dibatasi Hanya Tiga Orang

  • www.nusabali.com-pengibar-bendera-upacara-proklamasi-ke-75-dibatasi-hanya-tiga-orang

Sebanyak 10 purna paskibraka alumni paskibraka 2019 direkrut lagi.

SINGARAJA, NusaBali
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 pada masa pandemi Covid-19, tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain nihil semarak peringatan hari kemerdekaan, upacara pengibaran bendera merah putih hanya akan dilakukan oleh tiga orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Paskibraka yang bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendara merah putih pada puncak peringatan kemerdekaan RI biasanya beranggotakan 70 orang. Mereka terbagi menjadi tiga kelompok yakni pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. Namun tahun ini hanya akan dilakukan tiga orang anggota paskibraka sesuai dengan pola pengibaran bendera di Istana Kepresidenan.

Kepala Bidang Pemuda Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Ida Bagus Surya Bharata ditemui Jumat (14/8),  menjelaskan tahun ini juga tak dilaksanakan seleksi Paskibraka. Mereka yang akan bertugas Senin (17/8) mendatang diambil dari Paskibraka tahun 2019u. “Ada sepuluh orang yang kami comot dari Paskibraka 2019, saat ini mereka sedang latihan dan seleksi siapa yang akan dipakai nanti tanggal 17,” jelas Kabid Surya Bharata.

Sepuluh orang purna paskibraka yang bertugas tahun ini, dipilih dari wilayah perkotaan, sehingga tak terkendala masalaah transportasi dan jarak tempuh latihan. Sebelum dilatih panitia pun sudah mengkomunikasikan kepada Dinas Kesehatan untuk pengecekan kesehatan khusus. Namun karena mereka selama ini masih belajar dari rumah dan dipercaya tak ada kegiatan di luar rumah diputuskan tak harus menjalani rapid test.  “Kami siapkan mereka sejak 10 hari lalu, tanggal 7. Pelatihnya dari SPN dan Polres yang tahun lalu juga sehingga mereka sudah ada chemistry,” imbuh dia.

Menurut Surya Brahata, tim paskribraka akan dibagi menjadi dua shift yakni pengibar bendera pada pagi hari dan penurunan bendera di sore hari. Selain jumlah petugas pengibar bendera yang dibatasi, upacara peringatan HUT RI hanya dilaksanakan di Kantor Bupati Buleleng, tak ada upacara di lapangan yang melibatkan banyak orang. “Ini juga upacara langsungnya akan dilakukan lebih pagi yakni pukul 08.00 Wita sudah mulai selanjutnya nanti mengikuti apel virtual kenegaraan di masing-masing instansi terkait,” tutup dia. Pasukan paskibraka tahun ini sudah mengawali tugasnya dalam upacara peringatan HUT Provinsi Bali ke-62, Jumat (14/8) pagi.*k23

loading...

Komentar