nusabali

31 Desa/Kelurahan Masuk Zona Hijau

Sehari, Sembuh 15 Orang, Positif 11 Orang

  • www.nusabali.com-31-desakelurahan-masuk-zona-hijau

Dari 31 wilayah yang masuk zona hijau tersebut ada sebanyak 10 desa/kelurahan yang sudah nol kasus atau pasien positif Covid-19 seluruhnya sudah dinyatakan sembuh.

DENPASAR, NusaBali
Kota Denpasar saat ini sudah keluar dari zona merah Covid-19. Hingga Senin (10/8) kemarin, sebanyak 31 desa/kelurahan di Denpasar sudah masuk zona hijau, 11 desa/kelurahan masuk zona kuning, dan 1 desa masuk zona orange.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengungkapkan, saat ini tercatat ada sebanyak 31 desa/kelurahan masuk zona hijau. Dimana wilayah tersebut memiliki pasien positif Covid-19 aktif yang jumlahnya di bawah 2 orang dan masih dirawat.

31 desa/kelurahan tersebut yakni untuk wilayah Kecamatan Denpasar Selatan ada Kelurahan Serangan, Kelurahan Sanur, Desa Sanur Kauh, Desa Sidakarya, Kelurahan Renon, Kelurahan Panjer, Desa Sanur Kaja, dan Desa Pemogan.

Kecamatan Denpasar Timur ada Desa Sumerta Kelod, Kelurahan Kesiman, Desa Dangin Puri Kelod, Desa Kesiman Kertalangu, Desa Penatih Dangin Puri, Kelurahan Penatih, Desa Kesiman Petilan, Kelurahan Sumerta, Desa Sumerta Kaja, Desa Sumerta Kauh, dan Kelurahan Dangin Puri.

"Kalau di Denpasar Barat ada Desa Dauh Puri Kangin, Desa Padangsambian Kaja, Desa Tegal Kerta, Desa Tegal Harum, Desa Padangsambian Kelod, Desa Dauh Puri Kauh, Desa Dauh Puri Kelod,” ujarnya. Sedangkan Denpasar Utara ada Desa Dauh Puri Kaja, Desa Dangin Puri Kauh, Kelurahan Tonja, Kelurahan Ubung, dan Desa Dangin Puri Kangin.

Dikatakan Dewa Rai, dari 31 desa/kelurahan yang masuk zona hijau tersebut ada sebanyak 10 desa/kelurahan sudah nol kasus dan dinyatakan sembuh keseluruhannya.

Sedangkan untuk zona kuning ada sebanyak 11 desa/kelurahan yang masing-masing memiliki pasien positif Covid-19 berjumlah 3-10 orang aktif yang masih dalam perawatan. 11 desa/kelurahan tersebut yakni di Kecamatan Denpasar Utara ada Desa Peguyangan Kaja, Desa Ubung Kaja, Kelurahan Peguyangan, Desa Dangin Puri Kaja, dan Desa Pemecutan Kaja. Sementara di Kecamatan Denpasar Barat ada Kelurahan Pemecutan, Desa Pemecutan Kelod, Kelurahan Padangsambian, dan Kelurahan Dauh Puri. Untuk Kecamatan Denpasar Selatan ada Kelurahan Pedungan dan Kelurahan Sesetan. “Satu desa yang masuk zona orange yakni Peguyangan Kangin, Denpasar Utara. Wilayah yang masuk zona orange ini karena masih memiliki kasus aktif diatas 10 orang, sekarang Peguyangan Kangin masih memiliki 15 kasus yang masih dirawat," imbuh Dewa Rai.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar ini mengatakan, desa/kelurahan yang sudah masuk zona hijau maupun yang sudah masuk nol kasus tidak menutup kemungkinan kembali ada kasus jika masyarakatnya abai. Jika kembali bertambah, maka kemungkinan akan masuk ke zona kuning.

Dewa Rai pun mengimbau masyarakat di kawasan tersebut tidak mengurangi kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan ketat agar kawasan yang sudah hijau bahkan nol kasus tidak kembali menjadi kuning maupun merah. "Ini sudah bagus bahwa kasus terus menurun. Tetapi kami harap masyarakat juga tidak lalai karena belum ada vaksin Covid-19 bisa saja kembali muncul. Jadi tetap terapkan protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang sembuh di Kota Denpasar kembali lampaui kasus positif, Senin (10/8). Dalam sehari, tingkat kesembuhan sebanyak 15 orang, sedangkan kasus positif baru dari transmisi lokal sebanyak 11 kasus.  

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengungkapkan, penambahan 11 kasus baru ini merupakan hasil screening yang dilakukan rumah sakit yang ada di Kota Denpasar. "Mereka diketahui memiliki gejala sebelum dilakukan swab test dan rata-rata seluruh kasus baru tersebut dilakukan swab tanggal 7 Agustus 2020. Mereka datang ke rumah sakit karena memiliki gejala batuk tidak berdahak, sesak, dan demam sedang. Itu sebabnya mereka langsung dilakukan swab test," ungkapnya. *mis

loading...

Komentar