nusabali

Satgas Desa Pratima Bagikan Masker di 3 Desa Adat

  • www.nusabali.com-satgas-desa-pratima-bagikan-masker-di-3-desa-adat

AMLAPURA, NusaBali
Satgas Penanggulangan Covid -19 Desa Pratima, Kecamatan Karangasem bagikan 1.500 masker di tiga desa adat, Jumat (24/4).

Pembagian masker dipimpin Ketua Satgas I Gusti Ayu Biksuni. Desa Adat Asak, Desa Adat Perasi, dan Desa Adat Timbrah, masing-masing dapat 500 masker. Pembagian masker ini untuk mencegah penularan virus corona. Pengadaan masker bersumber dari APBDes 2020.

Gusti Ayu Biksuni mengatakan, penggunaan masker merupakan salah satu cara mencegah penularan virus corona akibat droplet warga yang batuk, bersin, maupun ludah. Selain menggunakan masker, pencegahan virus bisa dilakukan dengan rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, jaga jarak, dan tinggal di rumah. Selama ini masker langka, sehingga desa bagi-bagikan masker kain agar masyarakat terhindar dari penularan virus corona. “Mesti waspada kepada siapa saja karena kita tidak tahu, warga yang terpapar virus corona. Jika keluar rumah, gunakan masker,” imbau Gusti Ayu Biksuni.

Sementara Bendesa Adat Asak, Jro Dukuh Suta, membenarkan menerima bantuan 500 masker dari Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Pratima. “Sebelumnya Desa Adat Asak bagikan 500 masker untuk krama. Sekarang dapat bantuan 500 masker dari Desa Pratima,” jelas Jro Dukuh Suta. Desa Adat Asak mewilayahi Banjar Asak Kangin, Banjar Asak Kawan, dan Banjar Asak Tengah masih membutuhkan lebih banyak masker. “Nanti kami upayakan lagi bantuan masker dan hand sanitizer,” tegas Jro Dukuh Suta.

Bantuan 500 masker dari satgas untuk Desa Adat Timbrah dibagikan kepada warga yang berasal dari lima banjar adat yakni Banjar Timbrah Manak Yeh, Banjar Timbrah Lambuan, Banjar Timbrah Desa II, Banjar Timbrah Desa I, dan Banjar Timbrah Beji. Terpisah, Satgas Penanggulangan Covid -19 Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem menerima bantuan 100 masker dari relawan. Bantuan diterima Ketua Satgas Ida Bagus Nyoman Sudira. “Masih banyak kurang masker untuk memenuhi kebutuhan warga,” kata Ida Bagus Nyoman Sudira yang juga Perbekel Bungaya Kangin.

Desa Bungaya Kangin mewilayahi empat banjar dinas yakni Banjar Dinas Abiansoan, Banjar Dinas Kecicang Islam, Banjar Dinas Kecicang Bali, dan Banjar Triwangsa. Desa Bungaya Kangin telah bekerjasama dengan petugas Palang Merah Indonesia Karangasem melakukan penyemprotan disinfektan agar tidak ada lagi warga terinfeksi virus corona. Sebanyak 4 warga Desa Bungaya Kangin terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga sejumlah warga menjalani isolasi mandiri. *k16

Komentar