nusabali

Aksi 'Pasukan Pocil' Polres Bangli Pukau Warga

  • www.nusabali.com-aksi-pasukan-pocil-polres-bangli-pukau-warga

Apel HUT ke–71 Kemerdekaan RI di Lapangan Kapten Anak Agung Anom Mudita, Rabu (17/8), dimeriahkan atraksi pasukan polisi anak-anak alias polisi cilik (pocil) dari Polres Bangli binaan Kapolres Bangli AKBP Danang Beny Kusprihandono.

BANGLI, NusaBali

Pocil hasil seleksi dari siswa SD di kota Bangli dan sekitarnya. Dalam atraksi yang dilaksanakan usai apel bendera, Kadek Aprilya Puspita Maharani (danton) dan kawan-kawan berhasil memukau dan membuat kagum warga, dengan kemampuan memperagakan berbagai formasi keterampilan baris berbaris.

Kasatlantas Polres Bangli AKP I Nyoman Mastra Budaya seizin Kapolres Bangli Danang Beny Kusprihandonoi, menjelaskan, latihan keterampilan baris-berbaris dilakukan untuk menanamkan rasa disiplin dan rasa percaya diri kepada anak-anak. “Selain itu tentu mengenal dan memahami berbagai formasi baris-baris,” jelasnya.

Sebelum unjuk kebolehan, para ‘pocil’ ini digembleng selama sebulan. Jadwalnya dua kali seminggu di Polres Bangli. Mereka dilatih anggota Satlantas Polres. “Setelah ini akan rutin latihan seminggu sekali,” lanjut Mastra Budaya. Latihan rutin tersebut untuk mempersiapkan pocil ini ke even-even berikutnya. “Kapan saja, siap,” tegas Mastra Budaya.

Dari pantauan, atraksi pocil ini mengundang kagum penonton dan para peserta apel. Tepuk tangan meriah terdengar, di sela-sela atraksi apik siswa SD ini menunjukkan kemahiran baris berbaris.

Beberapa guru yang siswanya menjadi anggota pocil, ikut larut lalu lalang memotret. “Ini dokumentasi, karena ada anak kami yang jadi polisi cilik,” ujar salah seorang guru dari SDN 2 Kawan. * k17

Komentar