nusabali

Manca Agung Ubud Bersekretariat di Kedewatan

  • www.nusabali.com-manca-agung-ubud-bersekretariat-di-kedewatan

Manca Agung Kecamatan Ubud, Gianyar, kini memiliki  sekretariat di Pura Dalem Samprangan, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud.

GIANYAR, NusaBali

Sekretariat ini diresmikan oleh Pangageng Ageng (Ketua Umum) Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung, Dr Drs Dewa Nyoman Oka MPd, di pura setempat, Redite Wage Kuningan,  Minggu (23/2).

Untuk diketahui, Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung adalah organisasi pasemetonan keturunan Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung yang merupakan putra bungsu Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan, Adhipati Bali yang bertahta di Keraton Samprangan, (kini Kelurahan Samplangan, Gianyar). Peresmian itu ke-6 dari 57 Manca Agung kecamatan se Bali. Peresmian Sekretariat Manca Agung di sembilan kabupaten/kota sudah dilaksanakan tahun 2019.

Dewa Nyoman Oka mengatakan keberadaan Manca Agung merupakan implementasi dari spirit tiga bhisama Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Tiga bhisama itu yakni, jangan pernah lupa bersembahyang pada linggih Ida Dhalem Wawu Rauh atau Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di Pura Dalem Samprangan dan Pura Besakih. Semeton agar selalu belajar dan mengisi diri agar menjadi cerdas, dan jangan lupa pada pasemetonan. Bhisama ini diwujudkan dengan visi ‘Satya Nangun Swabhawaning Rna’untuk kemakmuran, kecerdasan, panjang umur, dan kewibawaan.

Panglingsir Manca Agung di Desa Kedewatan, Sang Putu Eka Pertama menyampaikan, pasemetonan Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung di Kedewatan berjumlah 104 KK (480 jiwa). Pasemetonan ini mewarisi Pura Dalem Samprangan,  sebuah pura yang bernama sama dengan pura stana Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di Samprangan (kini Kelurahan Samplangan, Gianyar). Mantan Bendesa termuda di Bali ini menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh sameton Manca Agung dan undangan yang hadir pada acara peresmian sekretariat itu.

Ketua Panitia Ir Dewa Putu Raka Wirata menyampaikan peresmian Sekretariat Manca Agung akan dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Bali. Program lainnya yakni mendata pura atau pamerajan peninggalan Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung, menerbitkan buku seri 2 Manca Agung, pendirian koperasi serta kegiatan sosial, seni dan budaya.

Panglingsir Puri Agung Ubud Dr Tjokorda Gde Raka Sukawati SE MSi mengaku bangga karena pasemetonan Manca Agung di seluruh Bali sangat kompak. ‘’Organisasi Manca Agung ini sudah modern, namun rohnya tetap tradisional,’’ jelasnya.

Acara peresmian sekretariat diisi dengan pementasan Topeng Dalem Arsa Wijaya, ikon oleh pasemetonan Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung dan pembacaan lontar bhisama Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

Acara dihadiri sulinggih trah Ida Dhalem, para pamangku, panglingsir puri, prajuru dinas dan adat Kedewatan, sameton Dalem Pemayun, Satria Taman Bali, Dukuh Sakti, Pasek, Sabha Yowana Manca Agung Trah Ida Dhalem, dan  perwakilan Manca Agung se Bali.*lsa

Komentar