nusabali

Pengamanan Gedung DPR Diperketat

Hari Ini Jokowi-Ma’ruf Amin Dilantik

  • www.nusabali.com-pengamanan-gedung-dpr-diperketat

Semalam Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi gedung Nusantara DPR/MPR, Jakarta Pusat untuk mengecek kesiapan jelang pelantikan.

JAKARTA, NusaBali

Pengamanan makin diperketat di sekitar gedung DPR menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden. Petugas keamanan dari TNI-Polri berjaga di akses masuk gedung DPR.

Pantauan di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10). Petugas TNI-Polri berjaga dari jembatan penyeberangan orang (JPO) yang terhubung di Stasiun Palmerah hingga pintu masuk kendaraan dijaga oleh TNI-Polri. Jalan dari Stasiun Palmerah yang menuju arah pintu depan gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, juga dialihkan. Penutupan jalan itu berlaku hingga pelantikan presiden-wapres selesai.

Pejalan kaki yang biasa melewati pintu di dekat Pos polisi Stasiun Palmerah juga dialihkan. Para pejalan kaki masuk melalui pintu masuk kendaraan motor, kemudian tas atau bawaan mereka diperiksa oleh petugas. Kendaraan barracuda kepolisian juga disiagakan.

Ada 3 barracuda, 4 mobil water cannon, 2 mobil raisa di bagian pintu utama. Kemudian di belakang, dekat gedung Sekretariat Jenderal DPR, 4 barracuda juga berjaga.

Tak hanya itu, terpasang juga alat pengamanan pendeteksi jika ada barang mencurigakan di dalam kendaraan yang lewat di pintu utama. Polri juga menaruh satu mobile command center (MCC) di pagar depan. Beberapa petugas juga berjaga di depan. Polisi membuat pos pengamanan di depan gedung DPR. Sebelumnya, MPR menggelar acara geladi bersih pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Sebanyak 7 pimpinan MPR yang hadir menyebut akan ada 17 kepala negara sahabat menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Ada 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus yang konfirm hadir besok. Seperti Wapres RRC (Republik Rakyat China), PM Singapura, Malaysia, dan Australia," ujar Bamsoet seusai geladi bersih di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10) dilansir detik.com. "(Duta Besar yang hadir) ada sekitar 168," imbuhnya.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi gedung Nusantara DPR/MPR, Jakarta Pusat untuk mengecek kesiapan jelang pelantikan dirinya bersama Ma'ruf Amin. Jokowi tiba di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Sabtu malam pukul 20.24 WIB. Setibanya di depan Gedung Nusantara, Jokowi langsung menuju ruang Rapat Paripurna I. Wartawan yang hendak meliput tidak diperkenankan mendekat di gedung Nusantara. Wartawan diarahkan ke Gedung Nusantara III. *

Komentar