nusabali

Bupati Suwirta Dorong Kerjasama Bulog - KUD

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-dorong-kerjasama-bulog-kud

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendorong Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Bali dengan KUD di Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Hal itu disampaikan Bupati saat    menerima audiensi jajaran Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Bali, di ruang kerjanya, Kamis (19/9).

Pertemuan tersebut tindak lanjut dari pertemuan Bupati Suwirta dengan sejumlah pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, beberapa waktu lalu di Jakarta. Audiensi dihadiri Kepala Kantor Bulog Wilayah Bali Suhardi dan Kepala Bidang Komersil Bulog, Kantor Wilayah Bali Ferdian D Atmaja.

Kepala Kantor Bulog Wilayah Bali Suhardi mengatakan pertemuan ini merupakan langkah awal kedua pihak untuk menjalin kerjasama Bulog - KUD di Klungkung. Melalui kerjasama, nantinya Bulog bisa menyerap beras atau gabah sesuai aturan pemerintah. “Kami mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemkab Klungkung dengan merevitalisasi sejumlah KUD sehingga bisa maju seperti saat ini, contohnya KUD Takmung,” ujarnya. Dalam hal ini, KUD mengumpulkan gabah atau beras dari petani, selanjutnya Bulog membeli dari KUD dengan harga yang sudah ditentukan pemerintah. “Selanjutnya kami akan turun ke KUD untuk meningkatkan komunikasi dan lanjut menjalin kerjasama," ujar Suhardi.

Bupati Suwirta mengharapkan Bulog - KUD di Klungkung menjalin kerjasama. KUD diharapkan bisa menjual gabah/berasnya ke Bulog serta Koperasi dan BUMDes bisa membeli beras dari Bulog dengan harga yang standar.

Bupati Suwirta mengaku selama ini Pemkab Klungkung gencar membantu dan menghidupkan kembali KUD. Pelbagai upaya juga sudah dilakukan di antaranya dengan memberikan dana insentif daerah, pemberian hibah dan bantuan mesin. “Ke depan KUD juga akan dibantu dengan pemberian sebuah kendaraan angkut,” ujarnya. Bupati sangat berharap KUD bisa berperan dalam memperkuat ketahanan pangan, menstabilkan harga dan meningkatkan kesejahteraan petani di Klungkung. *wan

Komentar