nusabali

Pengemudi Angkutan Wisata Mesti Santun

  • www.nusabali.com-pengemudi-angkutan-wisata-mesti-santun

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bertatap muka dengan para pengusaha dan pengemudi (driver) angkutan pariwisata yang beroperasi di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Pertemuan dilaksanakan di Balai Desa Sampalan, Nusa Penida, Rabu (29/8) malam. Bupati Suwirta berharap kepada para driver agar bersabar dan santun dalam berkendara.

Bupati didampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Klungkung I Nengah Sukasta, Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra. Hadir puluhan pengusaha angkutan pariwisata dan driver.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan, pertemuan ini untuk menyosialisasikan ada angkutan pariwisata ini tertib berlalu lintas. Karena selama ini ada beberapa mobil angkutan tidak mematuhi peraturan berkendara ketika berada di jalan raya wilayah Nusa Penida.

Sukasta mencotohkan, ada driver ngebut terutama saat melintasi ruas jalan yang agak sempit. Kondisi ini membahayakan keselamatan berlalu lintas. “Mungkin karena mengejar waktu, driver yang bersangkutan ngebut. Dalam sosialisasi itu sudah kami sampaikan agar tetap pelan-pelan, serta bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak kejar-kejaran terutama saat menuju pelabuhan untuk balik,” harap Sukasta.

Bupati Suwirta menyampaikan pemerintah terus memperbaiki fisik jalan, yang selama ini dikeluhkan oleh para driver dan pengusaha angkutan pariwisata yang berada di Nusa Penida. “Para pengusaha angkutan dan driver bisa mengerti bahwa perbaikan kondisi jalan perlu prosedur, tidak serta merta dapat diperbaiki begitu saja,” harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meminta untuk mendirikan koperasi sebagai wadah. Selain itu agar penampilan driver dan pengusaha angkutan pariwisata tetap santun dalam pelayanan. Bupati juga minta agar mereka turut membantu pemerintah dalam membantu proses pemungutan retribusi yang sudah diterapkan di Nusa Penida, serta ikut membantu  mempromosikan pariwisata di Nusa Penida.*wan

Komentar