nusabali

BUMDes Dawan Kaler Raih Juara III

  • www.nusabali.com-bumdes-dawan-kaler-raih-juara-iii

Festival BUMDes se-Nusantara di Bengkulu

SEMARAPURA, NusaBali
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerta Laba, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung, meraih peringkat III dalam Festival BUMDes se-Nusantara (Indonesia). Acara digelar Kemendes dan PDTT RI ini dipusatkan di Bengkulu, 15 - 20 November 2018.

Dalam festival itu, Bali mengirim tiga BUMDes yakni BUMDes Kerta Laba Desa Dawan Kaler, BUMDes Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, dan BUMDes Desa Kesiman Petilan, Denpasar. Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa mengatakan, BUMDes Kerta Laba Dawan Kaler merupakan BUMDes dengan 3 unit usaha yakni usaha simpan pinjam, produksi air minum dalam kemasan (AMDK), dan pertokoan pasar desa. Setelah penilaian, BUMDes ini mendapat nominasi terbaik ke III. Kata Sudarmawa, penilaian dilakukan oleh tiga juri, dari pakar ekonomi, akuntansi dan managemen dari Universitas Indonesia dan dari Kementerian Desa. Variabel penilaian yakni dampak/out come terhadap masyarakat, sistem pelaporan, income dan kontribusi BUMDes terhadap pembangunan. Predikat terbaik I diraih BUMDes dari Provinsi Jambi dan II diraih BUMDes dari Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Plakat dan penghargaan serta dana pembinaan langsung diserahkan oleh Direktur Pengembangan Kawasan Perdesaan dan pengembangan BUMDes Kementerian Desa dan PDT RI. Sudarmawa menambahkan, BUMDes ini berdiri 14 Januari 2014 dengan ti unit usaha tersebut. “Tahun depan kami kembangkan usaha baru yaitu pengelolaan wisata desa,” ujarnya.

Dampak keberadaan BUMDes terhadap masyarakat di mana kami memprioritaskan warga miskin untuk menjadi karyawan di BUMDes. “Karyawan kami ada sekitar 40 orang, 75 persennya adalah warga miskin, dan ini berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan,” ujarnya. Selain itu, tahun 2016 BUMDes Desa Dawan Kaler meriah juara I Lomba Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Provinsi Bali , dan Juara I Lomba Desa Terpadu Gema Santi 2017.*wan

Komentar