nusabali

Ribuan Warga Ikuti Melasti di Pantai Lepang

  • www.nusabali.com-ribuan-warga-ikuti-melasti-di-pantai-lepang

Ribuan warga dari 30 desa pakraman se Kecamatan Banjarangkan, Klungkung mengikuti Upacara Melasti di Pantai Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Redite Pahing Ugu, Minggu (25/10).

SEMARAPURA, NusaBali
Melasti terkait Karya Pangusaban Jagat di Pura Agung Kentel Gumi, Desa Pakraman Tusan, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan. Puncak Karya Pangusaban, Anggara Wage Ugu, Selasa (27/10). Upacara Melasti dipuput Ida Pedanda Gede Ketut Gunung dari Griya Sakti, Desa Nyalian,  Kecamatan Banjarangkan.

Prosesi Melasti dengan mamargi (jalan kaki) mulai dari Pura Agung Kentel Gumi, melintasi jalan raya  Banjarangkan ke timur, melewati Goa Jepang. Di perempatan Banjar Umasalakan ke Banjar Losan, Desa Takmung, ke selatan hinggga di Pantai/Segara Lepang.  

Ketua Panitia Ngakan Putu Gede Bawa menyatakan, sejauh ini melasti di Pura Agung Kentel Gumi  dengan mamargi. ‘’Tak  pernah pakai kendaraan,”  ujar Ngakan Bawa. Mantan Wakil Bupati Klungkung  ini yakin, ke depan pun melasti memargi ini tetap bertahan. 

Prosesi Melasti ditandai dengan mundut pralingga Ida Batara-batari, berupa pratima, dan jempana. Selain itu perlengkapan berupa kober, bandrangan, lelontek dan lainnya. Di posisi paling depan, tirta pamarisuda, dan gong beri, mengawali prosesi.  Meski cuaca cukup terik, namun terlihat krama terlihat semangat mengikuti prosesi hingga tiba di Pantai Lepang. Melasti dipuncaki persembahyangan pada pukul 17.00 Wita, sebelum mawali (balik) ke Pura Agung Kentel Gumi. 

Soma Wage Ugu, Senin (26/10) ini dilaksanakan Mapepada dipuput Ida Pedanda Wayahan Bun dari Griya Sanur, Desa Pejeng, Tampaksiring, Gianyar. 

Pura Agung Kentel Gumi merupakan Tri Gunaning Pura, atau salah satu dari tiga pura kahyangan tiga jagat Bali yakni sebagai Pura Puseh Jagat Bali. Sedang Pura Desa Jagat Bali adalah Pura Ulun Danu Batur di Batur, Kintamani dan Pura Agung Besakih di Desa Besakih, Karangasem, sebagai Pura  Dalem Jagat Bali.

Komentar