nusabali

Libatkan Suara Kulkul Seluruh Banjar

  • www.nusabali.com-libatkan-suara-kulkul-seluruh-banjar

Suara kulkul itu akan bersamaan dengan sirine detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Puputan Klungkung, 17 Agustus 2018.

Detik-detik Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 di Klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Ada yang unik saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Klungkung, 17 Agustus 2018. Semua banjar diwajibkan untuk membunyikan suara kulkul di masing-masing banjar, tepat pukul 10.00 Wita. Imbauan ini sudah diedarkan oleh panitia HUT Kemerdekaan RI di Klungkung kepada pihak adat lewat Majelis Madya Desa Pakraman (MADP).

Ketua Panitia Tetap HUT Kemerdekaan RI di Klungkung I Made Kasta  menyatakan, sari prajuru adat kemudian menyampaikan edaran itu kepada kramanya masing-masing, tentang peringatan HUT RI dengan membunyikan kulkul. Supaya tidak terjadi miss komunikasi dengan krama, karena kulkul selama ini menjadi media komunikasi di banjar baik untuk paruman adat, upacara kematian, piodalan dan lainnya. “Suara kulkul serangkaian momentum ini juga khusus, yakni dibunyikan dengan nada bamban (lambat), itu dibunyikan tepat pukul 10.00 Wita selama satu menit,” ujar Made Kasta didampingi Sekretaris Panitia Gde Putu Winastra, saat jumpa pers, di Kantor Bupati Klungkung, Jumat (10/8). Dengan itu, lanjut dia, suara kulkul itu akan berbunyi bersamaan dengan suara sirine ketika detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Puputan Klungkung, 17 Agustus 2018.

Diharapkan, cara ini dapat menumbuhkan kecintaan akan tanah air dan mengenang jasa para pahlawan. Untuk tahun berikutnya saat detik-detik Proklamasi itu masyarakat diharapkan bisa menghentikan aktivitas dengan turut mengheningkan cipta. “Untuk sekarang baru sebatas peringatan saja dengan mengajak masyarakat membunyikan kulkul,” ujarnya.

Serangkaian HUT Kemerdekaan RI juga dimerihkan aneka lomba dan kegiatan. Di antaranya lomba gerak jalan, lomba sepeda hias, dan lainnya. Anggaran yang dialokasikan Rp 1,8 miliar. Kegiatan Jumat kemarin, yakni Pemkab Klungkung menggelar jalan santai berhadiah, dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di depan Puri Agung Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sangat mengapresiasi baik kegiatan jalan santai tersebut serta berterima kasih kepada panitia dengan diselenggarakan kegiatan ini. Dilihat dari pelajar dan masyarakat umum yang mengikuti jalan santai terlihat sangat mebludak, ini menyampaikan bahwa masyarakat Klungkung sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan yang di buat Pemkab Klungkung dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73. Dalam pelepasan jalan santai tersebut Bupati asal Ceningan ini juga mengisinya dengan kampanye  Gerakan Satu Hari Tanpa Kantong Plastik kepada seluruh peserta jalan santai. *wan

Komentar