nusabali

Sekolah Benteng Pencegahan HIV/Aids

  • www.nusabali.com-sekolah-benteng-pencegahan-hivaids

Ancaman nyata penularan HIV/Aids menyebabkan semua pihak diminta aktif mencegah dan penanggulangan HIV/Aids. Salah satunya, lewat lembaga pendidikan yakni Kelompok Siswa Peduli  HIV/Aids dan Narkoba/KSPAN.

SEMARAPURA, NusaBali
Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penilai Lomba KSPAN Bali I Gusti Agung Ayu Mertha Dyani Dewi, di SMPN 3 Semarapura di Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Senin (19/10).  “KSPAN bisa menjadi benteng, bagi remaja dari hal-hal yang negative yang potensi menularkan HIV/Aids,” ujar Dyani.  Caranya, lewat pemahaman apa itu HIV/Aids, serta perilaku berisiko yang menyebabkan penularannya. “ Ini salah satu upaya penanggulangan HIV/Aids lewat jalur sekolah,” ujarnya. Kata dia, peran guru pembina dalam Forum Guru Pembina KSPAN juga sangat penting.  

KSPAN SMPN 3 Semarapura merupakan wakil Klungkung dalam Lomba KSPAN Tingkat Provinsi. Kepsek SMPN 3 Semarapura I Gede Suratnaya, menyatakan program-program KSPAN di SMPN 3 Semarapura dilaksanakan secara berkesinambungan dan bersinergi dengan instansi terkait. “ Ini salah satu upaya untuk menghindari generasi muda dari HIV/Aids,” ujar  Gede Suratnaya.

Wabup Klungkung I Made Kasta menyatakan Pemkab sungguh serius dan berupaya keras melaksanakan berbagai kegiatan penanggulangan HIV/Aids, lewat KPAD (Komisi Penanggulangan HIV/Aids ) Daerah. Salah satu adalah Penanggulangan HIV-AIDS melalui jalur sekolah antara lain berupa pembinaan Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) di seluruh SMP dan SMA/K di Kabupaten Klungkung, serta melibatkan langsung Forum Guru Pembina KSPAN. 

Komentar