nusabali

Lahan Eks Tiara Grosir Dimatangkan

  • www.nusabali.com-lahan-eks-tiara-grosir-dimatangkan

“Kami bersama Walikota telah bersepakat merelokasi pedagang Pasar Badung di eks Tiara Grosir ini” Wakil Walikota IGN Jaya Negara.

Tempat Relokasi Pedagang Korban Kebakaran

DENPASAR, NusaBali
Langkah Pemerintah Kota Denpasar untuk merelokasi para pedagang Pasar Badung yang menjadi korban kebakaran agar dapat berjualan kembali bakal segera terealisasi. Salah satu tempat relokasi yang sedang dijajaki adalah lahan eks Tiara Grosir yang berada di Jalan Cokroaminoto, Denpasar Utara.

Senin (7/3) kemarin, Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara melakukan peninjauan lokasi tersebut dengan melibatkan SKPD terkait dan PD Pasar Kota Denpasar. Jaya Negara langsung menyusuri setiap gedung eks Tiara Grosir. Menurutnya, peninjauan ini merupakan gerak cepat dalam memberikan pelayanan kepada para pedagang pasca musibah kebakaran Pasar Badung. “Kami bersama Walikota telah bersepakat merelokasi pedagang Pasar Badung di eks Tiara Grosir ini,” ujar Jaya Negara.

Ruang dalam bekas pusat perbelanjaan swalayan tersebut mendapat perhatian serius Jaya Negara. Dikatakannya, pengukuran tempat dan peninjauan nantinya dapat segera dibangunan los-los dan kios untuk para pedagang. Selain itu, Jaya Negara juga memerintahkan kepada dinas terkait untuk secara lebih intens melakukan komunikasi seperti Dinas Tata Ruang, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Kemudian, pembersihan eks Tiara Grosir ini diminta segera dilakukan, sehingga langkah-langkah relokasi pedagang dapat dilakukan usai pelaksanan Hari Suci Nyepi.

"Penataan parkir dan akses keluar masuk di eks Tiara Grosir juga akan dilakukan penataan oleh Dinas Perhubungan Kota Denpasar, agar tidak menimbulkan kemacetan arus lalulintas. Dari relokasi ini nantinya dapat melakukan langkah dengan target memperbaiki kembali Pasar Badung," imbuh Jaya Negara.

Kepala PD Pasar Kota Denpasar, Made Westra menambahkan, Pemkot Denpasar dalam hal ini PD Pasar akan berusaha melakukan penataan terhadap 1.698 pedagang yang akan direlokasi di eks Tiara Grosir, baik dengan penataan di halaman luar dan penataan di bagian dalam ruangan.

"Kami masih akan melakukan pendataan kembali terkait daya tampung di eks Tiara Grosir. Untuk pedagang kain akan direlokasi di dalam gedung eks Tiara Grosir. Melihat jumlah dan kapasitas dari ruang dalam gedung, kemungkinan pedagang lainnya bisa ditampung. Sedangkan untuk luar ruang gedung akan ditata untuk penampungan pedagang basah, seperti daging dan sayur," kata Made Westra. 7 i

Komentar