nusabali

Biaya Pemeliharaan Puspem Badung Mencapai Rp 10 Miliar Setahun

  • www.nusabali.com-biaya-pemeliharaan-puspem-badung-mencapai-rp-10-miliar-setahun

Pemkab Badung menggelontorkan anggaran mencapai Rp 10 miliar selama 2018 untuk pemeliharaan kompleks Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali
Kepala Bagian Perlengkapan dan Perawatan Pemkab Badung I Wayan Puja, Kamis (10/5), mengakui pemeliharaan Puspem Badung butuh biaya yang tidak sedikit. Biaya pemeliharan tersebut meliputi bidang elektrikal, mekanikal, sipil, dan plumbing.

Bidang elektrikal, jelas Wayan Puja, di antaranya yang berhubungan dengan kelistrikan, termasuk pemeliharaan lampu. Bidang mekanikal yakni pemeliharaan genset, termasuk di dalamnya pemeliharaan rutin lift. Kemudian bidang sipil meliputi pemeliharaan tembok, ornamen-ornamen Bali, termasuk pembasmian rayap. Sedangkan untuk bidang plumbing yakni berhubungan dengan pelaksanaan, pemeliharaan, perawatan instalasi air. “Terlebih pada saat hujan, basement di sejumlah kantor tergenang air. Makanya ini harus rutin kami pelihara, dan butuh biaya yang besar,” katanya.

Mengenai total anggaran untuk pemeliharaan kompleks Puspem Badung, Wayan Puja menyebut pada tahun 2018 ini mencapai Rp 10 miliar. “Jadi, pemeliharaan rutin yang kami lakukan kami ambil dari anggaran pemeliharaan Rp 10 miliar itu,” ungkapnya.

“Beberapa waktu lalu, kami lakukan pemeliharaan taman serta lampu penerangan yang ada di lingkungan Puspem Badung. Lampu yang beberapa mati, kami ganti. Begitu tiang yang warnanya sudah pudar, kami lakukan pengecatan ulang,” tutur mantan Camat Kuta Selatan, itu.

“Karena kami kan butuh cepat melakukan penanganan, misalnya ada lampu mati atau genset mati, kami harus seketika memperbaiki. Anggarannya ya dari anggaran pemeliharaan (nilainya Rp 10 miliar, Red),” imbuh Wayan Puja.

Dikatakan, pemeliharaan ini juga demi menyongsong HUT Mangupura yang tinggal beberapa bulan lagi. “Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini memberikan kenyamanan bagi para pengunjung Puspem Badung. Terlebih saat ini banyak masyarakat yang berolahraga, jadi membuat masyarakat senyaman mungkin,” tandasnya. Dia mengimbau agar masyarakat turut menjaga kebersihan dan keindahan areal Puspem Badung. *asa

Komentar