nusabali

Raja Tekstil dan Petrokimia Indonesia

  • www.nusabali.com-raja-tekstil-dan-petrokimia-indonesia

Memulai bisnis pemintalan benang, kini beragam usaha terutama petrokimia, petroleum dirambah Sri Prakash Lohia hingga ke 20 negara.

Kisah Sukses Dimulai dari Purwakarta

SRI Prakash Lohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia. Pada tahun 1973, Lohia pindah ke Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, dan merintis Indorama Synthetics. Perusahaan tersebut mulai memproduksi benang pintal tahun 1976. Modal awal yang digunakan Sri Prakash Lohia untuk mendirikan pabrik pertamanya yaitu 10 juta dolar, bahkan nilai dari perusahaan yang dibangun ini meningkat pesat nilainya dari tahun ke tahun.

“Kami mendirikan pabrik pertama di Purwakarta pada 1974. Pabrik pemintalan benang itu baru mulai berproduksi 1975 dengan sekitar 2.000 karyawan. Investasi awal adalah 10 juta dolar AS,”kenang Lohia.

Pada 1991, Indorama Synthetics melakukan diversifikasi dan merambah industri serat poliester. “Kami masuk ke bisnis polyester pada 1992, lalu ke polyethylene untuk bahan baku botol, seperti Coca-Cola, Pepsi, dan Aqua. Yang kami produksi adalah resin, bukan botolnya,” ujarnya.

Tahun 2006, Lohia mengakuisisi pabrik olefin terintegrasi di Nigeria dan saat ini merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Afrika Barat sekaligus produsen olefin terbesar kedua di benua Afrika.  Indorama Corporation adalah perusahaan holding utama milik Lohia yang berkantor pusat di Singapura.

“Saya mendalami bisnis perusahaan petrokimia karena persaingan di bidang ini masih sangat sedikit karena masih sedikit orang yang mengerti mengenai petrokimia, di mana rata-rata orang berfokus pada bisnis properti dan entertainment,” kata Lohia. “Apabila persaingan mencapai ratusan dan lebih, otomatis pasar menjadi terbagi dan semakin sulit untuk memperoleh profit besar,” tambahnya.

Pada tahun 2012, Lohia dianugerahi Pravasi Bharatiya Samman Award (Overseas Indian Award) oleh Presiden India. Tahun 2013, Lohia adalah miliarder terkaya ke-395 di dunia dengan kekayaan bersih sebesar 3,4 miliar dolar AS atau peringkat ke-6 terkaya di Indonesia (versi majalah Forbes). 

Lohia merupakan orang keturunan India yang kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia pada tahun 1983. Di bawah kepemimpinannya ia mampu mengepakkan sayapnya sehingga Grup Indorama semakin menggurita di mana-mana. 

Produknya meliputi poliester, PET resin, polyethylene, polypropylene, kain, hingga sarung tangan medis.Ketika dia ditanya apakah memiliki formula yang ajaib untuk  pertumbuhan  bisnisnya, ia menjawab “Kami melakukan segala sesuatu menggunakan akal sehat tapi tidak ada yang bisa meniru kami,” tukasnya. 

Lohia saat ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengembangkan perusahaannya dan mencari peluang bisnis baru, sedangkan penanganan seluruh karyawannya diserahkan kepada manajer yang terlatih dan kompeten.

Di usianya yang sudah 64 tahun Lohia telah mencapai kesuksesan dan mencapai kesenangan menjalani hidupnya karena telah mampu membangun kerajaan bisnisnya yang mencakup 18 negara dan empat benua. Sri Prakash Lohia, ketua Ventures Indorama, bagaimanapun belum selesai membangun bisnisnya,  meskipun membangun beberapa perusahaan di Indonesia yang bertaraf multinasional. 

Ada beberapa jenis bisnis yang dikerjakan oleh perusahaan Indorama. Di sini mereka juga membuka usaha pembuatan benang pintal yang digawangi oleh Indorama IPLIK, Indorama Shebin, dan ISIN Lanka. Perusahaan di bidang sarung tangan yang dikelola oleh perusahaan Medisa Technologies ini melakukan beberapa jenis pengembangan bisnis. Saat ini, Indorama juga mengawangi beberapa jenis bisnis yaitu pengembangan usaha Real Estate yang bergerak di bawah naungan Indorama Real Estate.7


BIODATA
Tanggal lahir : 11 Agustus 1952 
Tepat lahir : Kolkata, India
Tempat tinggal : London, Britania Raya
Kewarganegaraan :  Indonesia
Pendidikan : Bachelor of Commerce
Almamater : University of Delhi, 1971
Pekerjaan : Pengusaha
Organisasi : Indorama Corporation
Orangtua : Mohan Lal Lohia dan Kanchan Devi Lohia
Saudara : Ajay Prakash, Anil Prakash dan Aruna
Istri : Seema
Anak : Amit Lohia dan Shruti Hora

Komentar