nusabali

Jelang Akreditasi, RSUD Genjot 15 Standar Pelayanan

  • www.nusabali.com-jelang-akreditasi-rsud-genjot-15-standar-pelayanan

Jelang menghadapi akreditasi yang rencananya akan dilaksanakan di awal tahun 2016 mendatang, RSUD Karangasem tengah menggelar bimbingan di 15 standar pelayanan, sekaligus mengaudit kesiapan petugas di setiap bidang.

Sri Darmayanti mengatakan, bimbingan itu dari pagi hingga sore, berakhir pukul 17.00 Wita, untuk satu bidang bimbingan. “Bimbingannya sampai tuntas, makanya kami tengah menyiapkan instrumennya, selengkap mungkin,” katanya.

Diakuinya, selama menggelar bimbingan terungkap banyak kendala mesti tertutupi, agar saat akreditasi berlangsung semuanya lengkap, sehingga memenuhi 15 standar pelayanan. “Tetap RSUD itu masuk tipe C, hanya saja nantinya pelayanan dioptimalkan di setiap bidang,” kata Sri Darmayanti.

Disinggung masih banyak pasien dirujuk, hal itu katanya, tidak memiliki dokter spesialis untuk melakukan penanganan, misalnya pasien yang terakhir dirujuk ke RS Sanglah, karena mengalami infeksi paru dan pembengkakan jantung. “Di sini tidak ada dokter ahli paru dan jantung,” katanya.

Mengenai sarana diakuinya ada peningkatan, karena kebutuhan juga meningkat. Tercatat di tahun 2012 kapasitas rawat inap 138 kamar, kemudian di tahun 2014 bertambah 96 kamar rawat inap. Kali ini telah tersedia tabung oksigen kapasitas 1.500 galon, selain menggunakan 400 tabung secara manual, untuk melayani kedatangan pasien per bulan 300-350 pasien. RSUD didukung 283 tenaga non medis, 59 bidang, 9 perawat gigi, 135 perawat, 4 dokter gigi, 32 dokter umum, 8 dokter spesialis.  Fasilitas parkir tersedia kapasitas 150 kendaraan roda dua.

Komentar