nusabali

Penerapan UNBK Terkendala Sarana Komputer

  • www.nusabali.com-penerapan-unbk-terkendala-sarana-komputer

Ujian Nasional (UN) bagi SMP di Kota Denpasar yang akan berlangsung 23-26 April 2018, tidak keseluruhan sekolah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dari 70 SMP,  Baru 28 SMP Terapkan UNBK


DENPASAR, NusaBali
Pasalnya, setiap sekolah masih terkendala sarana prasarana terutama komputer. Dari 70 SMP di Denpasar, baru 28 SMP yang menerapkan UNBK, sedangkan dari 12 SMP Negeri hanya 9 SMP yang bisa melaksanakan UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar I Wayan Gunawan, Selasa (9/1) mengatakan, untuk melakukan UNBK harus dilakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Sedangkan saat ini kata dia, tidak semua sekolah memiliki komputer dan sarana lainnya seperti WiFi. Tidak hanya itu, juga dibutuhkan penyesuaian peserta ujian dengan komputer beserta tahapannya.

Dikatakan, jumlah peserta UN SMP di Kota Denpasar sebanyak 13.545 orang. Nantinya akan diberlakukan dua jenis UN yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kerta dan Pensil (UNKP). “Sekolah SMP peserta UNBK sebanyak 28 sekolah, sedangkan SMP Negeri sebanyak 9 sekolah. SMP Swasta 19 sekolah. Untuk UNKP sebanyak 42 SMP terdiri dari SMP Negeri 3 sekolah dan swasta 39 sekolah,” ungkapnya.
 
Ujian Nasional akan berlangsung pada 23-26 April 2018 mendatang sedangkan ujian susulan pada 8 sampai 9 Mei 2018.  Untuk pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 23 Mei 2018. Adapun mata pelajaran yang diujikan terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. *m

Komentar