nusabali

Di Pilgub Bali Ada 6.000 Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-di-pilgub-bali-ada-6000-pemilih-pemula

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan tengah persiapan melakukan rekam e-KTP bagi pemilih pemula yang usianya 17 tahun pada saat Pilgub Bali 2018.

Disdukcapil Tabanan Rekam Data Pemilih Pemula  


TABANAN, NusaBali
Ini dilakukan guna mencegah tuntutan oleh warga karena kehilangan hak pilih. Diperkirakan ada sekitar 6.000-an pemilih pemula yang usianya genap 17 tahun pada hari pencoblosan, 27 Juni mendatang. Kepala Disdukcapil Kabupaten Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, menjelaskan dia tengah persiapan melakukan perekaman e-KTP pada pemilih pemula yang umurnya 17 tahun di hari pencoblosan Pilgub Bali, Juni mendatang. “Kami sudah mendata, ada 6.000 pemilih pemula yang saat pencoblosan usianya 17 tahun,” ujarnya, Minggu (7/1).

Dikatakan, hal ini dilakukan guna mengantisipasi tuntutan warga agar Disdukcapil tidak dikatakan menghambat hak asasi manusia (HAM). “Ini bahaya nanti kalau saya diprotes 6.000 orang,” tandasnya.

Meski sekitar 6.000-an pemilih pemula itu sudah direkam, tetapi cetak e–KTP masih menunggu koordinasi dengan pemerintah pusat. “Sebab kalau saat ini dicetak, usianya masih belum genap 17 tahun. Aturan tidak membolehkan cetak e-KTP jika usia belum genap 17 tahun. Tapi jika dicetak mendekati hari pencoblosan, kami yang kewalahan karena mesin cetak ada dua unit, sementara per hari hanya bisa cetak 200 keping. Mudah-mudahan nanti ada petunjuk,” ungkap Dwipayana. *d

Komentar