nusabali

Pura Ulun Danu Beratan Peduli Gunung Agung

  • www.nusabali.com-pura-ulun-danu-beratan-peduli-gunung-agung

Pengurus Pura Ulun Danu Beratan memberikan sumbangan kepada warga Karangasem yang mengungsi di Kecamatan Baturiti, Tabanan, Sabtu (30/9).

TABANAN, NusaBali

Bantuan yang diserahkan itu berupa uang sebesar total Rp 15 juta serta beberapa sembako yang diperlukan sehari-hari. Wakil Penguger Pura Ulun Danu Beratan, I Nyoman Sukita menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan sumbangan untuk meringankan beban dari para pengungsi yang ada di Kecamatan Baturiti. "Ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap saudara kita," ujarnya.

Kata dia, bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 15 juta itu dibagi dan diserahkan kepada masing-masing posko yang ada di setiap banjar di Kecamatan Baturiti. Di antaranya Banjar Taman Tanda, Banjar Batunya, Banjar Juwuk Legi, Banjar Abing dan Banjar Pacung.

Bantuan uang tunai serta sembako seperti mie instans, kopi, gula, beras dan telor itu diterima langsung oleh masing-masing koordinator posko. "Sengaja kami berikan langsung ke posko-posko untuk pemerataan pendistribusian," imbuh Sukita. Ia juga berharap atas bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh sejumlah krama Karangasem yang mengungsi di Desa Candikuning. Serta jangan melihat dari nilai bantuannya karena pihaknya menyumbangkan dengan rasa tulus.

"Kami pihak penguger juga berharap para pengungsi selalu sabar atas cobaan yang saat ini sedang terjadi," terang Sukita. Berdasarkan data yang diperoleh dari Perbekel Desa Candikuning, I Made Mudita jumlah pengungsi yang ada di Desa di Kecamatan Baturiti sebanyak 1.433 jiwa, tersebar di 12 Desa. Rincianya Desa Candikuning 1.129, Desa Baturiti 109, Desa Mekarsari 26, Desa Batunya, 44, Desa Perean Kangin, 30, Desa Bangli 45, Desa Luwus 3, Desa Apuan 13, Desa Angseri, 8, Desa Perean Tengah, 12, Desa Antapan 13 dan Desa Perean 1. *d

Komentar