nusabali

Rocky. N Beri Bantuan Kemanusiaan Kepada Pengungsi Gunung Agung

  • www.nusabali.com-rocky-n-beri-bantuan-kemanusiaan-kepada-pengungsi-gunung-agung

Semenjak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung menjadi Awas, belasan ribu warga Karangasem yang berada di radius 12 kilometer telah dievakuasi ke sejumlah lokasi pengungsian. 

DENPASAR, NusaBali
Seperti di Desa Tembok dan Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, ribuan warga sudah menempati tenda-tenda yang didirikan di dua lokasi pengungsian tersebut. Kondisi para pengungsi ini pun menarik simpati kalangan masyarakat untuk memberikan bantuan. Salah satunya, Ketut Rochineng SH MH. Pria yang beken dengan nama Rocky. N ini, melalui program Bali Shanti-nya menggelontorkan sejumlah bantuan langsung ke dua lokasi pengungsian itu, Sabtu (23/9). Bantuan tersebut masing-masing: sebanyak 1 ton beras, 30 dus mi instan dan 30 dus air mineral.

“Saya prihatin dengan banyaknya pengungsi, terutama para lansia dan anak-anak, semoga bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang kini mereka harus hidup dalam pengungsian,” ujar Rocky. N ditemui usai memberikan bantuan.

Dalam kunjunganya ke lokasi pengungsian, Rocky. N juga meninjau tempat MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan dapur umum yang merupakan kebutuhan dasar bagi para pengungsi.

Melihat perkembangan dari status Gunung Agung, Rocky. N pun tak dapat memastikan hingga kapan warga akan berada di lokasi pengungsian. "Karena itu, kebutuhan makan, MCK, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya harus mendapat perhatian. Tapi saya yakin pemerintah sudah memperhatikan kondisi seperti itu. Demikian juga komponen masyarakat sangat antusias dan bergotong royong membantu meringankan beban saudara saudara kita yang kini sedang berada di tempat pengungsian,” ujar birokrat asal Desa Patemon, Kecamatan Seririt, Buleleng ini.

Yang menarik, dalam kunjungannya tersebut, Rocky. N juga menggandeng sejumlah penyanyi Bali untuk menghibur para pengungsi. “Saya sengaja mengajak para penyanyi supaya mereka (warga yang mengungsi) bisa terhibur. Saya juga menyemangati mereka agar tetap tabah selama berada di lokasi pengungsian yang belum bisa dipastikan sampai kapan mereka di sini,” ujarnya. 

Menurut Rocky. N, Program Bali Shanti ini akan terus berlanjut membantu krama Bali yang butuh uluran tangan, terutama bagi para pengungsi Gunung Agung. “Tidak hanya di lokasi pengungsian di Desa Les dan Desa Tembok ini, kami juga rencanakan memberikan bantuan ke lokasi lainnya karena para pengungsi kan tersebar di beberapa kabupaten,” kata pria yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali ini.

Seperti diketahui, Program Bali Shanti yang digagas Rocky. N ini, sudah dirasakan manfaatnya oleh krama  Bali. Dengan niat tulus ngayah membantu warga kurang mampu yang dilandasi dengan rasa kemanusian, Rocky terus berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan. Disamping rutin menyerahkan paket sembako ke sejumlah desa yang masyarakatnya masih dibawah garis kemiskinan, melalui Program Bali Shanti ini, Rocky. N juga memberikan hiburan gratis bagi masyarakat dengan menggelar konser gratis di setiap desa yang dikunjungi. *

Komentar