nusabali

Sidang di TKP, Margriet-Agustay Saling Tuding

  • www.nusabali.com-sidang-di-tkp-margriet-agustay-saling-tuding

Dalam sidang di TKP, terdakwa Margriet yang nampak emosional terus menangis setiap kali memperagakan adegan.

DENPASAR, NusaBali
Sidang pembunuhan bocah Engeline dengan terdakwa Margriet Ch Megawe dilanjutkan di tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan Sedap Malam, Denpasar, Kamis (14/1). Dalam sidang, Margriet yang terus menangis dan Agustay Hamda May (terdakwa dalam berkas terpisah) melakukan sekitar 35 adegan sejak mulai menghilangnya Engeline hingga jenazahnya ditemukan terkubur di belakang rumah. Kedua terdakwa juga sempat saling tuding saat adegan di mana Margriet mengancam Agustay dengan parang.

Dalam sidang di lokasi yang dipimpin majelis hakim Edward Harris Sinaga sekitar pukul 11.00 Wita, ada beberapa adegan yang ditolak Margriet. Di antaranya saat Agustay diperintahkan untuk memperkosa, membungkus, dan membawanya ke kubur. Dalam keterangan, Margriet disebut sudah lebih dulu berada di lubang kubur yang berada di dekat kandang ayam di belakang rumah. “Namun adegan tersebut ditolak Margriet karena merasa dia tidak melakukan hal tersebut,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU), Purwanta Sudarmaji.

Ditambahkannya, soal kuburan yang basah memang ada kecocokan antara panjang selang air ketika dipasang pada kran paling belakang. Bila selang itu direntangkan akan terlihat panjangnya sampai di kuburan. Hal senada juga disampaikan oleh pengacara Agustay, Haposan Sihombing. Menurut Haposan, dari panjang selang bisa dicocokkan dengan keterangan ahli tentang proses penyabunan jenazah agar tidak berbau."Panjang selang ternyata sampai ke kuburan. Tidak mungkin kuburan adik kita Engeline disiram pakai ember," ujarnya.

Ada satu adegan yang menarik perhatian, yaitu adegan di mana Margriet mengancam Agustay dengan parang. Adegan itu terjadi di depan pintu kamar Margriet. Pada saat adegan itu diperagakan, sempat terjadi pertengkaran antara Margriet dan Agustay di TKP. “Kamu bohong sekali. Gara-gara kamu semua saya sampai seperti ini. Saya ini orang miskin, tetapi menerima akibat perbuatanmu,” kata Agustay dengan ada tinggi yang langsung dilerai oleh hakim Edward. “Jangan bertengkar dan jangan saling tuding,” kata Edward Harris. 

Dalam sidang Margriet yang nampak emosional terus menangis setiap kali memperagakan adegan.  Selain itu, beberapa adegan yang diperagakan oleh saksi, seperti saksi Susiani dan Agustay juga banyak yang dibantah oleh Margriet. Di akhir sidang, JPU Purwanta mengatakan dari semua yang diperagakan, cocok dengan keterangan di persidangan. “Keterangan saksi, keterangan terdakwa semuanya ada kecocokan,” ujar Purwanta. 7 rez

Komentar