nusabali

Perajin Harapkan Pelatihan TI

  • www.nusabali.com-perajin-harapkan-pelatihan-ti

Para perajin di Kabupaten Gianyar berharap adanya bantuan dan edukasi teknologi informasi (TI).

GIANYAR, NusaBali
Hal itu untuk meningkatkan promosi dan pemasaran barang kerajinan ke pasar lebih luas. Salah satu anggota Dekranasda Gianyar, I Wayan Ari Arsania  mengatakan, keperluan teknologi informasi menjadi suatu hal yang mendesak bagi perajin. Sebab promosi dan pemasaran memerlukan kecepatan serta menyasar pasar yang lebih luas. 

“Saat ini promosi dan pemasaran melalui internet dirasakan lebih mampu menggaet pembeli terutama dari luar negeri. Jika perajin hanya mengandalkan penjualan dari kunjungan langsung ke gerai, tidak akan bisa bertahan,” kata Ari Arsania, Selasa (15/8). 

Pemilik Galeri Pegasus Sang Nyoman Lingga mengatakan, perajin sangat minim memiliki tenaga di bidang teknologi informasi. Penguasaan teknologi juga untuk membantu merampungkan pekerjaan desain.  Arsania pun berharap pemerintah dapat mewadahi para desainer muda dan memberikan pelatihan secara berkesinambungan. 

“Para perajin juga berharap sejumlah masalah yang mereka hadapi bisa teratasi dengan pelatihan dan fasilitas lain yang memungkinkan,” ujar Arsania. 

Selain persoalan teknologi informasi, para perajin juga menghadapi permasalahan mendasar seperti peningkatan keterampilan sumber daya manusia, teknologi, peralatan, desain, bahan baku, modal dan promosi. 

Untuk menangani masalah tersebut, Ari Arsania mengatakan perlunya sinergi pemerintah, perajin dan masyarakat. Perajin diharapkan bisa mendapatkan bantuan pemerintah berupa peningkatan mutu sumber daya manusia, bantuan modal lunak, hingga fasilitas pameran. 

“Pameran masih menjadi salah satu pemasaran yang cukup jitu. Lewat pameran, perajin dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, bahkan dapat saling bertukar informasi dengan  perajin lainnya,” ujar Arsania. 

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Gianyar I Wayan Suamba mengatakan sangat memahami kesulitan yang dialami para perajin. Karena itu, pemerintah bekerja sama dengan Dekranasda melakukan pembinaan rutin sambil melihat kondisi terkini perajin di seluruh Gianyar. 

Untuk pameran, lanjut Suamba, Diseprindag Gianyar telah memberikan fasilitas bagi para perajin baik untuk pameran tingkat lokal, kabupaten, nasional hingga ke luar negeri. Kantor Disperindag bersama Dekranasda Gianyar juga melakukan kunjungan berkala ke sejumlah perajin yang ada di Gianyar. *ant

Komentar