nusabali

146 Booth UMKM Ramaikan SVF XII

  • www.nusabali.com-146-booth-umkm-ramaikan-svf-xii

Sebanyak 146 booth pedagang Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) akan ikut meramaikan Sanur Vilage Festival (SVF) XII di Maisonette, Kawasan Inna Grand Bali Beach, Sanur, 9-13 Agustus 2017.

DENPASAR, NusaBali
Ratusan booth tersebut akan ditempati secara gratis untuk usaha-usaha yang menarik dan sudah menjadi pilihan panitia baik makanan maupun kerajinan yang akan dipamerkan. Dalam kegiatan itu nantinya transaksi bagi yang berbelanja diwajibkan menggunakan non tunai atau menggunakan Kartu Brizzi.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia SVF Ida Bagus Gede Sidharta Putra saat jumpa pers, di Hotel Maya, Sanur, Senin (7/8). Menurutnya, UMKM tersebut disediakan untuk menunjang perekonomian masyarakat di Kota Denpasar khususnya wilayah Sanur. Karena menurutnya, tujuan digelarnya festival ini selain untuk menunjang sektor pariwisata dan hiburan juga memajukan perekonomian masyarakat melalui booth yang disediakan. 

Jadi setiap UMKM yang ada maupun baru merintis bisa ikut untuk menjual produknya di tempat tersebut. Dan bagi yang berbelanja baik marcandise maupun yang lainnya akan diwajibkan menggunakan nontunai atau menggunakan Kartu Brizzi sesuai dengan gagasan pemerintah sebelumnya.

"Karena booth juga terbatas tetap kami seleksi UMKM tersebut. Kalau untuk binaan BRI ada 33 UMKM sisanya dari masyarakat Sanur dan binaan Pemkot Denpasar baik Disperindag, Bagian Ekonomi, maupun Koperasi. Sehingga kedepannya kami tetap bersinergi dengan masyarakat dalam hal ini Yayasan Pembangunan Sanur, pemerintah maupun BUMN untuk menunjang kegiatan yang bertujuan menggaungkan pariwisata di Kota Denpasar," jelasnya.  Namun lanjut Gus De, demikian sapaannya, untuk kali ini bukan hanya stand UMKM yang ada di SVF namun juga ada 50 stand cafe dan restauran.

Dikatakan Gus De, perbedaan dari tahun sebelumnya berkaitan dengan tema yang diangkat yakni 'Bhineka Tunggal Ika' yang bertujuan untuk mempersatukan masyarakat ke dalam spirit kemerdekaan Indonesia yang tentunya bertepatan pada bulan Agustus ini. "Acara kali ini aktifitasnya lebih berbeda karena pengisi acaranya dan garapan acaranya bertemakan Bhineka Tunggal Ika jadi semua konsep yang akan digunakan lebih kepada kebhinekaan itu sendiri. Berbeda dengan sebelumnya yang lebih berinteraksi kepada masyarakat yang temanya 'Tat twam Asi'. Maka dari itu di bulan Agustus yakni bukan kemerdekaan ini kita berikan spirit kebhinekaan dalam semangat kemerdekaan," ujarnya.

Untuk bintang tamu yang akan menghibur pengunjung, kata Gus De, didominasi artis-artis Nasional. "Untuk musik, kami dibantu musisi Indra Lesmana untuk memilih pengisi di panggung‎ utama, yakni ada Balawan, Scaller, Krakatau Reunion, Gugun Blues Shelter, dan Indra Lesmana Mostly Jazz feat Tompi," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Anak Agung Bagus Sudarsana, menyatakan mendukung SVF yang memasuki tahun ke-12 ini. Menurutnya, selain memberi hiburan, SVF selama ini juga memberikan kesan positif bagi perkembangan pariwisata dan juga mengembangkan kegiatan ekonomi, sosial, lingkungan dan seni budaya di Kota Denpasar khususnya Sanur. *cr63

Komentar