nusabali

Diskes Karangasem Raih Predikat Pengelola Vaksinasi Terbaik

  • www.nusabali.com-diskes-karangasem-raih-predikat-pengelola-vaksinasi-terbaik

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Kesehatan (diskes) Karangasem sebagai pengelola vaksinasi terbaik di Indonesia Wilayah Regional Tengah dalam memanfaatkan aplikasi Smile (sistem monitoring imunisasi dan logistik elektronik) periode 2023-2024. Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dr Dra Lucia Rizka Andalucia di Jogjakarta, 6 Juni 2024.

“Pengelolaan vaksinasi di Indonesia melalui aplikasi untuk mencatat seluruh aktivitas pelayanan vaksinasi. Dinas Kesehatan Karangasem mendapatkan penilaian terbaik,” jelas Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Kamis (13/6).

Aplikasi Smile, katanya, diberlakukan sejak masa pandemi Covid-19 yang ternyata sangat memudahkan pelayan dan pelaporan. Mulai dari mengidentifikasi populasi yang belum divaksinasi, memantau distribusi vaksin dan mengevaluasi penggunaan vaksin. Aplikasi Smile meliputi, perencanaan, penyimpanan, pencatutan, distribusi, hingga pelaporan, semuanya lewat aplikasi. ‘’Juga dibuktikan yang telah divaksin, mendapatkan sertifikat elektronik,” jelasnya.

Kata Kadis Bagus Putra Pertama, semua tahapan kerja pelayanan vaksinasi terukur. Bukan saja vaksinasi saat masa pandemi Covid-19, juga menyangkut pelayanan vaksinasi untuk bayi baru lahir. Ada 12 jenis imunisasi untuk anak, mulai dari vaksin DPT (difteri, pertusis dan tetanus), lima kali untuk anak usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan dan 5 tahun. 

Sedangkan imunisasi hepatitis B, untuk bayi yang umur kurang dari 24 jam, bayi umur 1-2 bulan, dan bayi umur 6-18 bulan, polio tipe OPV (oral poliovirus vaccine) diberikan kepada bayi baru umur 1 bulan, imunisasi pneumokokus untuk mencegah penyakit disebabkan infeksi bakteri, campak guna menghindari penyakit menular, dan lain-lain. “Itu imunisasi untuk balita, wajib diberikan  sejak lahir,” katanya.

Kadis Bagus Putra Pertama menambahkan, semua jenis pelayanan vaksinasi itu dievaluasi Kementerian Kesehatan RI, dan kinerja Dinas Kesehatan Karangasem dinyatakan terbaik. Sebab kinerja pelayanan vaksinasi itu terukur melalui aplikasi dan bisa dipantau langsung Kementerian RI, melalui pelaporan di aplikasi Smile itu.

Penghargaan itu, katanya, dijadikan motivasi tersendiri untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hanya saja, selain membanggakan juga bisa jadi beban. Sebab ke depan agar pelayanan lebih baik untuk mempertahankan gelar itu. Apalagi pelayanan vaksinasi itu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya anak stunting agar tumbuh kembang anak jadi lebih baik.7k16

Komentar