nusabali

LPM Kelurahan Kesiman Gelar Penebaran Bibit Ikan di Tukad Lila Ulangun

  • www.nusabali.com-lpm-kelurahan-kesiman-gelar-penebaran-bibit-ikan-di-tukad-lila-ulangun

DENPASAR, NusaBali.com - LPM Kelurahan Kesiman menggelar kegiatan penebaran bibit (benih) ikan di Tukad Lila Ulangun pada hari Jumat (31/5/2024). Kegiatan ini merupakan puncak acara dari Bulan Bakti Gotong Royong LPM yang dilaksanakan dari awal bulan Mei hingga akhir bulan Mei 2024.

Anak Agung Eka Ayu Santini (Gék Ayu), Sekretaris LPM Kelurahan Kesiman sekaligus Panitia Pelaksana Bulan Bakti Gotong Royong LPM Kelurahan Kesiman, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan ekosistem di Tukad Lila Ulangun yang dulunya banyak terdapat ikan dan biota lainnya, namun kini mulai hilang karena sampah dan limbah.

“Penataan kembali Tukad Lila Ulangun pada bulan September-Oktober 2023 menjadi momentum bagi kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Gék Ayu.

Lebih lanjut, Gék Ayu menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Hita Karana, yaitu hubungan baik sesama manusia, hubungan baik dengan alam dan lingkungan, dan hubungan baik dengan Tuhan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap LPM dapat berperan aktif dalam membangkitkan dan menggalakkan semangat masyarakat untuk bergotong royong dan menjaga lingkungan,” imbuhnya.

Dewa Gede Putra Cahyadi, Kasi PM dab Kesra Kelurahan Kesiman, menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Tukad Lila Ulangun ini dapat diberdayakan oleh krama Banjar Kebonkuri Lukluk Kesiman, dilestarikan, dan diperhatikan baik kebersihan, penataan, perawatan, dan implementasinya bagi lingkungan,” ujar Cahyadi.

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini sangatlah baik, terutama dalam bergotong royong membersihkan seputaran Tukad Lila Ulangun. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.*m03

Komentar