nusabali

Bawaslu Badung Lantik 18 Anggota Panwascam

  • www.nusabali.com-bawaslu-badung-lantik-18-anggota-panwascam

MANGUPURA, NusaBali - Bawaslu Kabupaten Badung melantik 18 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) tersebar di 6 kecamatan yang akan ditugaskan di Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang. Pelantikan dilaksanakan di Graha Pemilu Alaya Giri Nata, Badung, Sabtu (25/5) dihadiri stakholder terkait.

Sebanyak 18 anggota Panwascam yang diambil sumpahnya dalam pelantikan merupakan kombinasi wajah lama (existing) dan wajah baru. Para anggota Panwascam yang dilantik berasal dari Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Mengwi, Kecamatan Abiansemal dan Kecamatan Petang. Masing-masing kecamatan memiliki 3 anggota Panwascam.

Anggota Panwascam dari Kecamatan Kuta Selatan yang dilantik yakni I Made Dharmayasa, I Made Sudartha, I Wayan Sukartana. Kemudian dari Kecamatan Kuta yakni I Nyoman Purnawan, I Ketut Sudana, dan I Putu Wiyadnyana. Kecamatan Kuta Utara yaitu I Wayan Rupayasa, Gede Rhama Sukmayoga Wiweka, dan Ni Made Pratesa Kumala Sari. Sebaliknya dari Abiansemal yaitu I Made Lilir Adnyana, Astuti, dan Ida Bagus Suarcana. 

Lalu dari Kecamatan Mengwi yakni I Made Darma Prasada, I Putu Wahyudi Cahaya Putra, dan Made Prajaditha Astuti. Terakhir Kecamatan Petang yaitu Desak Ayu Rai Wahyuni, I Ketut Umum, dan I Made Kondi.

Pengucapan sumpah dan janji jabatan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, I Putu Hery Indrawan. Hery Indrawan mengatakan pentingnya akurasi, kecepatan, dan kerincian dalam penyajian data pengawasan di tingkat kecamatan, serta pentingnya dokumentasi upaya pencegahan pelanggaran. Dengan dilantiknya 18 Panwascam ini, diharapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Badung dapat berjalan lancar, transparan, dan demokratis, sesuai dengan prinsip-prinsip pemilu yang adil dan bebas.

“Seluruh anggota Panwascam, belajar dari evaluasi sebelumnya. Data dan informasi pengawasan harus disajikan dengan akurat, cepat dan rinci, tidak lupa dengan upaya pencegahannya harus didokumentasikan dengan baik,” tegas Hery Indrawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses dan Hukum, Bawaslu Provinsi Bali, I Made Aji Swardhana menyampaikan agar Sekretariat Bawaslu Kabupaten segera menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di tingkat kecamatan untuk mendukung kinerja Panwascam.ol3

Komentar