nusabali

Juliarta dan Kasta Bersaing di Pilkada Klungkung

Ketua DPC Gerindra Menyatakan Tidak Maju

  • www.nusabali.com-juliarta-dan-kasta-bersaing-di-pilkada-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Dua kader Gerindra Klungkung, I Ketut Juliarta dan I Made Kasta digadang-gadang sebagai Calon Bupati Klungkung di Pilkada 27 November 2024 mendatang. Juliarta dan Kasta akan bersaing karena Ketua DPC Gerindra Klungkung I Wayan Baru tidak tarung dalam Pilkada mendatang.

Juliarta politisi muda asal Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dwan, Kabupaten Klungkung yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali. Keseriusan Juliarta tarung di Pilkada Klungkung terlihat dengan gencarnya anggota Komisi I membidangi politik, hukum dan keamanan ini sosialisasi ke akar rumput. Sementara pesaingnya sesama Gerindra, I Made Kasta sendiri politisi asal Desa Akah, Kecamatan Klungkung yang dua periode menjabat Wakil Bupati Klungkung.

Sementara Wayan Baru yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Klungkung sekaligus Ketua DPC Gerindra Klungkung, menyatakan diri belum siap tarung Pilkada Klungkung 2024. Sebelumnya, Baru yang politisi asal Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida menyatakan siap maju. “Saya belum siap untuk ke Pilkada dan masyarakat di Nusa Penida juga mengharapkan saya untuk tetap di DPRD,” ujar Baru, Senin (27/5).

Sehingga, dengan demikian persaingan berebut tiket rekomendasi dari DPP Gerindra untuk Pilkada Klungkung otomatis akan menjadi ajang bersaing antara Kasta dan Juliarta. Juliarta mengatakan untuk memenangkan Pilkada Klungkung harusnya ada skema ‘perkawinan’ pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) dari Klungkung daratan dengan Nusa Penida. “Nanti akan ada survei,” ujar Juliarta.

Meskipun rekomendasi belum turun Juliarta mengatakan sudah melakukan berbagai persiapan maju Pilkada Klungkung. Di antaranya selalu turun ke masyarakat, melakukan aksi sosial, pasang-pasang baliho dan lainnya. “Hal itu juga untuk kebesaran partai,” kata Juliarta.
Ditanya mengenai perebutan rekomendasi, Juliarta mengaku perebutan tidak perlu dan tidak ada kompetisi terkait itu. “Siapapun direkomendasikan oleh partai kita dukung bareng sebagai kader. Kita di Gerindra saling dukung, kita kompak dan tetap solid,” ujar Juliarta.

Sebelumnya, Kasta menanggapi positif semakin banyaknya figur yang muncul sebagai kandidat calon Bupati Klungkung 2024. “Hal inilah namanya demokrasi, siapapun berhak untuk mencalonkan atau dicalonkan. Kami tentu juga memberikan kesempatan kader muda untuk tampil. Namun, nanti muaranya pada rekomendasi, dan siapapun yang diajukan harus didukung bersama-sama,” ujar Kasta.n wan

Komentar