nusabali

Apel Dansat, Pangdam Prioritaskan Pengamanan Pilkada

  • www.nusabali.com-apel-dansat-pangdam-prioritaskan-pengamanan-pilkada

DENPASAR, NusaBali - Kodam IX/Udayana menggelar Apel Dansat selama dua hari di Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri, Tabanan. Pembukaan kegiatan yang diikuti oleh oleh 83 komandan satuan ini dibuka oleh Pangdam XI/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, pada Senin (27/5) pagi.

Apel Dansat TNI AD tersebar di tingkat Kodam Udayana ini merupakan tindakan lanjut dari Apel Komandan Satuan (AKS) yang digelar pada akhir April kemarin oleh Mabes TNI. Pangdam mengatakan salah satu yang jadi perhatian prioritas ke depan adalah pengamanan Pilkada serentak yang digelar akhir tahun ini. Selain itu adalah melanjutkan program prioritas TNI AD seperti program ketahanan pangan, program TNI manunggal air, program RTLH, program penanganan stunting, dan program bersatu dengan alam. 

"Menghadapi Pilkada serentak masing-masing Kodim dan Korem saya perintahkan untuk siapakan personel maupun perlengkapan dan alutsista. Selain itu melakukan deteksi dini dan juga cegah dini tentang hal-hal yang menjadi ancaman kerawanan di wilayah masing-masing, sehingga seluruh rangkaian Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar," tegas Pangdam.

Apel komandan satuan ini kata Pangdam pada hakekatnya bertujuan untuk menyamakan persepsi para komandan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya secara Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, Adaptif (PRIMA) guna meningkatkan pembinaan dan kemampuan operasional satuan masing-masing.

Pangdam meminta para komandan yang terlibat dalam kegiatan ini agar mengikuti kegiatan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Perhatikan penjelasan tiap-tiap bidang yang disampaikan dan ciptakan komunikasi interaktif dua arah sehingga para peserta dapat memahami arah dan kebijakan pelaksanaan program satuan dengan baik dan akuntabel.

"Sasaran Apel Dansat ini antara lain terwujudnya kesamaan persepsi, kemampuan dalam memaksimalkan kualitas pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki para Dansat sehingga terwujudnya kemampuan dalam mengidentifikasi berbagai permasalahan di satuan, serta mampu mengambil peran penting pada Pembinaan Teritorial untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat," tegas Pangdam.

Pada kegiatan pembukaan kemarin Pangdam juga menyerahkan piagam penghargaan kepada komandan satuan yang berprestasi, diantaranya Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti atas upaya dan dedikasi berpartisipasi dalam penilaian pembangunan WTRB ZI tingkat Kemenpan Rb TA.2024. Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno sebagai juara I LKJ TMMD ke 119 media cetak/online kategori Dansatgas, Danyonif 900/SBW Letkol Inf Yudhison Rianta Tarigan sebagai pemenang juara IV lomba larya tulis ilmiah Rabiniscab TA/2024. Danyonif 741/GN Letkol Inf Sy.Gafur Thalib atas prestasi juara III perehaban perumahan dinas swakelola dari Kasad. 7 pol

Komentar