nusabali

Poltekpar Bali Kembangkan Potensi Wisata di Desa Manukaya

Gelar Pelatihan Layanan Makanan, Pengolahan dan Penyajian Minuman Kreasi

  • www.nusabali.com-poltekpar-bali-kembangkan-potensi-wisata-di-desa-manukaya

GIANYAR, NusaBali.com - DesaManukaya, Kabupaten Gianyar, Bali, semakin mantap dalam mengembangkan potensi wisatanya. Hal ini terlihat dari antusiasme warga dalam mengikuti ‘Pelatihan Layanan Makanan, Pengolahan dan Penyajian Minuman Kreasi’ yang diselenggarakan oleh Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) pada 20-21 Mei 2024.

Pelatihan yang diinisiasi Prodi Tata Hidang (TAH)  Poltekpar Bali ini diikuti oleh 30 orang warga dengan beragam latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Selama dua hari, mereka mendapatkan materi tentang pelayanan prima, jenis-jenis service makanan dan minuman, jenis-jenis minuman, serta cara pengolahannya.

"Kegiatan ini adalah bagian dari kewajiban institusi pendidikan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunyaadalah Pengabdian Kepada Masyarakat," jelas Ketua Pelaksana Kegiatan, Putu Mira Astuti Pranadewi SSTParMPar.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan layanan makanan dan minuman, serta mengolah bahan-bahan lokal menjadi produk yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Meningkatkan Citra Desa Manukaya

"Kegiatan ini sudah tepat sasaran dalam membantu masyarakat untuk lebih memahami dan meningkatkan ketrampilannya dalam memberikan layanan makanan, minuman dan pengolahan minuman kreasi," ujar Perbekel Desa Manukaya, I KadekSukariada.

Sukariada berharap agar kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan yang dapat membantu Desa Manukaya untuk mempersiapkan diri menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Gianyar.

Dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memberikan layanan makanan dan minuman, diharapkan Desa Manukaya dapat menjadi destinasi wisata yang semakin menarik bagi para pengunjung.

"Kampus Poltekpar Bali siap memberikan bantuan pelatihan atau pendampingan dibidang lain untuk memajukan potensi desa yang dimiliki," tegas Dr Putu Diah SastriPitanatri, SSTParMPar sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang membuka kegiatan mewakili Direktur Poltekar Bali.

Program ini diharapkan mampu membantu Masyarakat Desa Manukaya memperkuat pemahamam dan ketrampilan masyarakat di bidang food and beverage service untuk menunjang potensi besar yang dimiliki oleh desa saat ini.

Pelaksanaan pelatihan yang juga menghadirkan I Putu Oka Angga Swara Putra dari Himpunan Bartender Indonesiaini menunjukkan komitmen Poltekpar Bali dalam membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidup dan mengembangkan potensi desa. Dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah desa, masyarakat, dan sektor swasta, sangatlah penting untuk mewujudkan Desa Manukaya sebagai destinasi wisata yang maju dan berkelanjutan.*

Komentar