nusabali

Aleix Espargaro Rebut Pole MotoGP Catalunya

  • www.nusabali.com-aleix-espargaro-rebut-pole-motogp-catalunya

BARCELONA, NusaBali - Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro memimpin balapan MotoGP Catalunya 2024 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (26/5) malam ini. Aleix Espargaro, yang dua hari lalu mengumumkan pensiun dari MotoGP akhir musim ini, mendapatkan akhir pekan membahagiakan.

Aleix Espargaro memimpin balapan setelah membukukan waktu 1 menit 38,190 detik. Pembalap 34 tahun itu unggul tipis dari juara bertahan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dengan selisih 0,031 detik di posisi kedua. Aleix juga selisih 0,071 detik dari rider Trackhouse Racing yang membuat kejutan, Raul Fernandez, pada posisi ketiga.

Catatan ini meneruskan performa impresif Espargaro setelah juga menjadi yang tercepat dalam sesi free practice 2 (FP2) dan free practice 3 (FP3). Selain itu, pole kali ini yang keenam bagi Espargaro di MotoGP, sekaligus  pole kedua dalam tiga edisi terakhir di Sirkuit Barcelona-Catalunya usai 2022. Pada edisi 2023 Aleix menjadi raja sprint dan balapan utama saat start dari P2.

Posisi keempat ditempati Brad Binder, sedangkan rookie berusia 19 tahun Pedro Acosta menduduki posisi kelima. Jorge Martin yang memimpin klasemen, memulai balapan pada P7 setelah menjadi yang tercepat pada free practice 1 (FP1). Sedangkan Marc Marquez yang sedang mengejar juara pertamanya bersama Gresini Racing memulai balapan pada P14.

Sebelumnya Aleix Espargaro mengumumkan pensiun dari kelas balap MotoGP pada akhir tahun 2024. Menurutnya, pencapaiannya kali ini telah menjadi perjalanan yang menyenangkan dan dia merasa sangat menikmatinya. Espargaro sendiri sudah berkompetisi di lebih dari 300 Grand Prix sepanjang kariernya, yang hampir menginjak satu dekade lamanya.

Pembalap Spanyol itu mengatakan bahwa perjalanannya di kelas balap motor premier ini sangat spesial. Baginya, bisa berkompetisi dan tampil sebagai salah satu pesaing hebat selama bertahun-tahun bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian saya sejauh ini. Anak kecil itu, yang memulai debutnya di sini bertahun-tahun yang lalu akan sangat bahagia,” kata Espargaro, merujuk pada dirinya di masa kecil. ant

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2024 :
  1. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
  3. Raul Fernandez (Trackhouse Racing)
  4. Brad Binder (Red Bull KTM Factory)
  5. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech 3)
  6. Fabio Di Giannantonio (Enduro VR46)
  7. Jorge Martin (Prima Pramac Racing)
  8. Alex Rins (Monter Energy Yamaha)
  9. Jack Miller (Red Bull KTM Factory)
  10. Franco Morbidelli (Prima Pramac)
  11. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)
  12. Maverick Vinales (Aprilia Racing)
  13. Alex Marquez (Gresini Racing)
  14. Marc Marquez (Gresini Racing)
  15. Miguel Oliveira (Trackhouse Racing)
  16. Marco Bezzecchi (Enduro VR46)
  17. Fabio Quartararo (Monter Yamaha)
  18. Johann Zarco (LCR Honda)
  19. Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS 3)
  20. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  21. Joan Mir (Repsol Honda)
  22. Luca Marini (Repsol Honda)
  23. Stefan Bradl (HRC Test Team).

Komentar