nusabali

Quartararo dan Rins Pede Hadapi MotoGP Catalunya

Dua Pembalap Enduro VR46 Tertantang di Barcelona di Mugello

  • www.nusabali.com-quartararo-dan-rins-pede-hadapi-motogp-catalunya

BARCELONA. NusaBali - Dua pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins mengaku kian ‘pede’ (percaya diri) menghadapi MotoGP Catalunya di Barcelona, Spanyol. Hal itu ditegaskan setelah baru-baru ini keduanya menjalani ujicoba privat bersama tim di Mugello, Italia.

“Setelah uji coba pribadi di Mugello, kami memilih versi aerodinamis yang akan kami coba di sini (Catalunya-Barcelona) akhir pekan ini. Saya tertarik untuk melihat seperti apa jadinya. Yang pasti, kami akan melakukan yang terbaik seperti biasanya,” kata Quartararo, di laman resmi Yamaha, Kamis (23/5).

Bagi Rins, Catalunya akan menjadi balapan yang spesial karena jadi balapan kandangnya. Dia merasa memiliki keyakinan mencatatkan hasil positif di sirkuit ikonis ini di hadapan para publik tuan rumah setelah rangkaian uji coba privat.

“Secara keseluruhan, saya sangat menantikan untuk mulai berkendara di Montmelo,” ujar Rins.

Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli mengatakan, balapan di Barcelona yang akan diikuti MotoGP Italia di Mugello pada pekan selanjutnya akan menjadi rangkaian balapan penting musim ini.

“Di Barcelona kami akan menerapkan beberapa temuan dari tes privat di Mugello, minggu lalu. Dari data, hasilnya positif, kemungkinan besar kami akan melakukan homologasi pada paket aerodinamis kedua,” kata Meregalli.

Sedangkan dua rider Pertamina Enduro VR46 Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio menantikan dua grand prix beruntun di Grand Prix Catalunya di Barcelona, dan Grand Prix Italia di Mugello.

“Kami memiliki dua minggu yang penuh tantangan di depan kami, tetapi keduanya akan bergulir di dua sirkuit yang sangat indah, dengan Barcelona memiliki rangkaian tikungan yang unik,” kata Bezzecchi, di laman resmi VR46, Kamis.

Adapun pada akhir pekan ini, Bezzecchi dan Di Giannantonio akan bersaing di Barcelona, setelah menunjukkan performa yang cukup positif di Grand Prix Prancis di Le Mans.

“Tujuan kami (di Barcelona) adalah untuk bisa bertahan dengan pembalap terkuat mulai hari Jumat,” kata Bezzecchi.

Sedangkan bagi Di Giannantonio, yang kini di posisi kesembilan dalam klasemen sementara, ingin menegaskan langkah maju yang telah ia buat dalam rangkaian balapan Eropa pertama musim ini demi kesinambungan rentetan hasil positif.

“Di Catalunya, perbedaan akan dibuat oleh siapa pun yang mengatur konsumsi ban dengan lebih baik, sebuah aspek yang selalu kami kerjakan dengan baik hingga saat ini,” kata pembalap yang akrab disapa Diggia itu.

Sementara itu, juara bertajan dari tim Ducati Lenovo Francesco ‘Pecco’ Bagnaia mengatakan ingin tampil lebih kompetitif lagi. Dia  menilai, akhir pekan lalu di Le Mans secara keseluruhan cukup positif, meskipun memiliki kekurangan dalam balapan dibandingkan rivalnya. 

Ya, balapan di Catalunya akan menjadi bentuk pembuktian Bagnaia dan rekan satu timnya, Enea Bastianini, setelah pada musim lalu mereka terpaksa mundur dari balapan karena dua kecelakaan terpisah. Bagnaia mengalami pukulan berat yang mengakibatkan memar parah tanpa konsekuensi serius.

Sedangkan Bastianini memiliki nasib kurang beruntung, dimana dia mengalami patah tulang di pergelangan tangan kiri dan pergelangan kaki kirinya, yang menyebabkan dia absen pada tiga balapan berikutnya.

“Sayangnya, saya tidak memiliki kenangan indah tentang Barcelona tahun lalu, mengingat kecelakaan yang saya alami saat balapan yang memaksa saya melewatkan tiga GP berikutnya,” kata Bastianini.

Berdasarkan hasil finis ketiga dan keempat di GP Prancis dua pekan lalu, Bagnaia dan Bastianini tiba di Montmelo dengan tekad untuk menebus kesalahan mereka dan sekali lagi menjadi salah satu pesaing teratas. 

“Saya tiba di Montmelo dengan tenang dan percaya diri: balapan demi balapan, saya berhasil menjadi lebih cepat, dan saya terus berkembang,” kata Bastianini.

Hari pertama MotoGP Catalunya pada Jumat (24/5) pukul 16.30 WITA dan 21.00 WIB untuk sesi latihan bebas. Lalu pada Sabtu (25/5) akan digelar sesi latihan bebas kedua (16.00 WITA), kualifikasi (17.00 WITA), dan Sprint (21.00 WITA).  Sedangkan balapan utama pada Minggu (26/5) pukul 20.00 WITA. ant

Komentar