nusabali

Ubud Jadi Pusat Penentuan Tren Warna Dunia

  • www.nusabali.com-ubud-jadi-pusat-penentuan-tren-warna-dunia

GIANYAR, NusaBali.com - Para pakar warna dari 17 negara berkumpul di Bali, untuk menentukan tren warna Spring/Summer 2026 dalam Kongres Intercolor yang diadakan di Ubud, dari 22 hingga 24 Mei 2024. Acara bergengsi ini menjadi bukti pengaruh Indonesia yang semakin besar di kancah internasional, khususnya dalam industri kreatif.

Setiap negara peserta, termasuk Indonesia, diwajibkan untuk  mempresentasikan mood board yang berisi konsep dan warna pilihan mereka untuk dua tahun mendatang. Mood board ini kemudian didiskusikan dan dikategorikan berdasarkan kelompok warna, menghasilkan konsensus bersama yang akan menjadi  panduan bagi industri terkait di seluruh dunia.

Keikutsertaan Indonesia dalam Kongres Intercolor di Titik Dua Hotel, Jalan Cok Rai Pudak, Desa Peliatan, tidak terlepas dari peran aktif Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC), yang secara resmi diterima sebagai anggota ke-17 organisasi ini pada November 2018.

"Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Indonesia," ujar Kilala Tilaar, CEO Martha Tilaar Group, di sela-sela Kongres Intercolor. "Keberagaman budaya dan kekayaan alam Indonesia menjadi sumber inspirasi yang tak ternilai bagi tren warna dunia."

Keterlibatan Indonesia dalam Intercolor membuka peluang besar bagi industri kreatif Tanah Air, khususnya kosmetik, tekstil, otomotif, dan desain interior. Tren warna yang dihasilkan akan menjadi acuan bagi para pelaku industri dalam mengembangkan produk dan inovasi baru mereka.

"Melalui MTIC, kami ingin menunjukkan kepada dunia kekayaan bangsa yang beragam melalui warna-warna inspiratif," jelas Kilala Tilaar. "Kami juga ingin merangkul organisasi dan perusahaan lain di Indonesia untuk bersama-sama membangun tren warna dan menggali potensi warna Indonesia untuk menjadi inspirasi dunia."

Dipilihnya Ubud sebagai lokasi Kongres Intercolor semakin memperkuat pencitraan Indonesia sebagai pusat kreativitas. Keindahan alam dan budaya Ubud yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta kongres, sekaligus menjadi bukti dukungan pemerintah Indonesia terhadap kemajuan industri kreatif.

Kongres Intercolor di Ubud menandakan pengaruh signifikan Indonesia dalam menentukan tren warna dunia. Keikutsertaan aktif Indonesia dalam organisasi ini membuka peluang besar bagi industri kreatif Tanah Air untuk berkembang dan bersaing di kancah internasional. Ubud, sebagai lokasi penyelenggaraan, semakin memantapkan posisinya sebagai pusat kreativitas yang diakui dunia. *nvi










 





 





 

Komentar