nusabali

MenPAN RB Beri Rekomendasi STAHN Mpu Kuturan Naik Status Jadi Institut

  • www.nusabali.com-menpan-rb-beri-rekomendasi-stahn-mpu-kuturan-naik-status-jadi-institut
  • www.nusabali.com-menpan-rb-beri-rekomendasi-stahn-mpu-kuturan-naik-status-jadi-institut

SINGARAJA, NusaBali - Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja mendapat kabar baik di sela-sela kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Abdullah Azwar Anas, Senin (20/5) kemarin. Pejabat pusat ini memberikan rekomendasi kenaikan status STAHN Mpu Kuturan menjadi Institut tahun ini.

Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Prof Dr I Gede Suwindia di hadapan Menteri dan rombongan kunjungan mengatakan, peningkatan status sudah berproses sesuai dengan amanat Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategi (Renstra). Bahkan dalam proses pengusulan peningkatan status perguruan tinggi Hindu ini sudah melampaui persyaratan minimal.
 
“Tenaga Pendidik, Akreditasi Prodi, jumlah mahasiswa dan infrastruktur kampus terus kami tingkatkan. Bahwasanya dengan visi Unggul Bermartabat dan Berkarakter Tri Kaya Parisudha, terus dijadikan landasan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen,” jelasnya.
 
Prof Suwindia menyebut animo masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di STAHN Mpu Kuturan Singaraja saban tahun semakin tinggi. Hal ini pun perlu dibarengi dengan transformasi dari sekolah tinggi menjadi institut segera terwujud.
 
“Kami berharap Bapak Menteri memberikan atensi berkaitan percepatan transformasi STAHN menjadi Institut,” harap Suwindia.
 
Sementara itu, MenPAN RB Abdullah Azwar Anas memuji performa STAHN Mpu Kuturan dari sisi sarana dan prasarana. Menurutnya, tampilan kampus sangat menarik dengan arsitektur yang indah menjadi modal kuat dalam menjaga budaya lokal.
 
Azwar Anas menyebut jika transformasi dalam perguruan tinggi juga perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing, rujukan, unggul, penguatan kapasitas dan tata kelola. Mantan Bupati Banyuwangi ini memastikan, dalam waktu dekat STAHN Mpu Kuturan Singaraja akan bertransformasi menjadi institut. Sehingga dapat mendorong peningkatan SDM menjadi unggul di Bali Utara.
 
“Saya lihat kampusnya proses pendidikan baik, mudah-mudahan segera diproses untuk ditingkatkan statusnya dari sekolah tinggi menjadi institut. Dan saya atas nama bapak presiden hadir dan memberikan rekomendasi untuk mendorong lompatan baru bagi kampus ini di masa yang akan datang,” papar  Azwar Anas.@k23

Komentar