nusabali

Kecepatan Internet Pustu Bungbungan 313,07 Mbps

  • www.nusabali.com-kecepatan-internet-pustu-bungbungan-31307-mbps

SEMARAPURA, NusaBali - Kementerian Kesehatan menjalin kerja sama dengan starlink, penyedia layanan internet dari SpaceX milik Elon Musk, untuk menghadirkan akses internet di seluruh Puskesmas di Indonesia.

Saat peluncuran juga melakukan uji coba streaming video dengan Puskesmas Pembantu (Pustu) Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dan Puskesmas Tabarfane, Maluku. Kecepatan internet di Pustu Bungbungan saat menggunakan starlink mencapai 313,07 Mbps. Di Puskesmas Tabarfane tidak ada akses internet, dengan Starlink kecepatan internet di sana mencapai 269 Mbps. 

Peluncuran di Denpasar dihadiri Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika, Minggu (19/5). Jendrika menyambut baik kerja sama Kemenkes dengan starlink serta terpilihnya Pustu Bungbungan menjadi salah satu uji coba layanan starlink. “Kami bersyukur akses pelayanan melalui internet jadi lebih gampang,” ujar Jendrika. Kabupaten Klungkung dua pertiga wilayahnya ada di kepulauan Nusa Penida, jadi sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat dan mendapat database pelayanan kesehatan lebih cepat. 

Melalui peluncuran starlink ini masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat, seperti halnya penduduk yang tinggal di kota besar. Perangkat internet cepat tersebut diletakkan pada satu ruang rawat pasien di Pustu Bungbungan, sedangkan sistem pelayanan masih menggunakan jaringan provider sebelumnya. Salah seorang bidan, Putu Arini Julianti mengatakan pengalamannya menggunakan internet ini lebih cepat dari jaringan yang selama ini digunakan oleh Pustu Bungbungan. Pustu Bungbungan lokasinya di pedesaan dan sinyal kurang bagus. Kunjungan setiap hari ke Pustu Bungbungan rata-rata 20 orang, paling banyak warga lokal. 7 wan

Komentar