nusabali

Leverkusen Resmi Juara Bundesliga Tanpa Kalah

  • www.nusabali.com-leverkusen-resmi-juara-bundesliga-tanpa-kalah

LEVERKUSEN, NusaBali - Bayer Leverkusen resmi menjadi juara Bundesliga 2023/2024 tak terkalahkan, setelah menang 2-1 atas Augsburg pada pekan ke-34, di Stadion BayArena, Jerman, Sabtu (18/5) malam WITA.

Leverkusen langsung unggul dua gol di babak pertama berkat Victor Boniface dan Robert Andrich, sebelum gol Mert Komur di babak kedua memperkecil kedudukan untuk Augsburg. 

Berkat kemenangan ini, tim asuhan Xabi Alonso mengakhiri musim Bundesliga dengan 90 poin dengan mencatat 28 kemenangan, 6 seri dan tanpa kekalahan. 

Leverkusen juga jadi tim pertama di lima liga top Eropa yang tidak terkalahkan sepanjang musim sejak Juventus pada musim 2011/2012. Sedangkan Augsburg finis peringkat 11 dengan mengumpulkan 39 poin, demikian yang dikutip dari laman resmi Liga Jerman.

Sementara itu, kekalahan Bayern Muenchen 2-4 dari Hoffenheim di laga penutup Bundesliga, membuat penyerang Jerman Thomas Mueller merasa sangat kecewa.

Bayern pun terpaksa menyudahi kompetisi di peringkat tiga, di bawah Bayer Leverkusen dan VfB Stuttgart, sekaligus tidak meraih piala untuk pertama kalinya sejak musim 2011.

"Kami sangat kecewa. Kami hanya ingin musim ini berakhir dan memulai lagi di musim depan," kata Mueller setelah kekalahan kedelapan Bayern musim ini, Minggu (19/5) WITA.

Bayern terakhir kali menduduki posisi ketiga pada akhir musim 2010, di bawah Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen. Dua tahun setelah itu, FC Hollywood memborong 11 kali juara Bundesliga berturut-turut pada musim 2012 hingga 2023.

Namun kiprah mereka terhenti pada musim ini menyusul kesuksesan Leverkusen menjuarai Liga Jerman dengan status tak terkalahkan. Berbanding terbalik dengan Muenchen yang sudah menelan delapan kali kalah dan tiga imbang di Bundesliga.

"Ini di luar kebiasaan bagi kami untuk kalah di banyak pertandingan. Kami akan berusaha melupakannya sekarang," kata Mueller. ant

Komentar