nusabali

Polisi Pasang Kamera Pengintai Buronan

Amankan WWF dari Pelabuhan Gilimanuk

  • www.nusabali.com-polisi-pasang-kamera-pengintai-buronan

Para pengendara sepeda motor juga diwajibkan membuka helm dan masker untuk diperiksa kamera pemindaian wajah yang juga dipasang di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk atau tempat pemeriksaan kendaraan masuk Bali.

NEGARA, NusaBali
Bersamaan dimulainya World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, pengamanan pintu masuk Bali di Pelabuhan Gilimanuk diperketat. Pihak Inafis Mabes Polri memasang kamera face recognition atau kamera pemindai wajah di Gilimanuk untuk mencegah adanya buronan atau daftar pencarian orang (DPO).

Terkait hal tersebut, para penumpang kendaraan baik bus, travel maupun kendaran roda empat lainnya, diarahkan turun untuk melewati pengecekan barang bawaan serta kamera pemindaian wajah di check door Brimob. Sementara itu, para pengendara sepeda motor juga diwajibkan membuka helm dan masker untuk diperiksa kamera pemindaian wajah yang juga dipasang di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk atau tempat pemeriksaan kendaraan masuk Bali.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto saat turun memantau pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (18/5), mengatakan Pelabuhan Gilimanuk menjadi salah satu fokus pengaman dalam Operasi Puri Agung 2024 serangkaian gelaran WWF di Bali. Saat ini, diberlakukan pemeriksaan secara ketat terhadap kendaraan dan penumpang yang memasuki Bali via Pelabuhan Gilimanuk. "Pemeriksaan dilaksanakan dengan lebih intensif menggunakan alat metal detector, mirror, dan didukung oleh unit K9 Dit Samapta Polda Bali. Serta kamera face recognition dari Inafis Mabes Polri," ujar AKBP Endang.

AKBP Endang mengaku sementara ini belum ditemukan adanya orang maupun barang-barang berbahaya. Pihaknya juga mengaku belum ada informasi mengenai adanya potensi gangguan. Meski demikian, AKBP Endang mengaku tetap melakukan pemeriksaan secara maksimal di Gilimanuk dan wilayah pesisir Kabupaten Jembrana. "Patroli pesisir termasuk di laut juga tetap dimaksimalkan. Kita berupaya memaksimalkan mungkin untuk mendukung keamanan dan kelancaran kegiatan forum internasional di Bali ini," ujar AKBP Endang yang dalam Operasi Puri Agung kali ini juga menjadi Koordinator Pengamanan Pelabuhan Gilimanuk.7ode

Komentar