nusabali

Menengok Infrastruktur Pendukung World Water Forum di Bali

  • www.nusabali.com-menengok-infrastruktur-pendukung-world-water-forum-di-bali

DENPASAR, (ANTARA) - Provinsi Bali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan World Water Forum (Forum Air Dunia/WWF) Ke-10 yang berlangsung 18-25 Mei 2024. Sejumlah hal disiapkan untuk menyukseskan ajang yang diadakan setiap tiga tahun sekali itu.

Topik utama yang dibahas dalam pertemuan itu adalah pentingnya menjaga keberlanjutan air untuk kesejahteraan bersama demi kehidupan makhluk di bumi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku bagian dari Panitia Nasional WWF mengungkapkan sebanyak delapan kepala negara dijadwalkan menghadiri World Water Forum Ke-10.

Kepala negara yang rencananya hadir itu di antaranya dari Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Srilanka, Hungaria, Maroko, Indonesia selaku tuan rumah dan satu kepala negara yang sedang dalam konfirmasi.

Selain itu, sebanyak 105 menteri juga dijadwalkan menghadiri World Water Forum. Peserta dari 132 negara dan organisasi internasional yang diperkirakan mencapai sekitar 35 ribu orang akan menghadiri kegiatan tersebut.

Untuk itu, pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat terutama di Bali pun berkolaborasi menyiapkan dan menyambut forum penting tersebut.

Layanan Imigrasi

Layanan imigrasi memegang peranan penting untuk akses para delegasi masuk wilayah Indonesia khususnya yang langsung melalui Pulau Dewata.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali melalui Imigrasi Ngurah Rai menyiapkan jalur khusus melayani pemeriksaan keimigrasian delegasi World Water Forum Ke-10 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Kantor Imigrasi Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, memisahkan jalur imigrasi antara para delegasi dengan penumpang reguler yang jumlahnya juga tidak sedikit.

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat selama Januari-April 2024 total ada 7,1 juta penumpang lalu-lalang di bandara itu. Penumpang internasional masih mendominasi bandara itu yang mencapai 4,1 juta orang.

Untuk itu, Imigrasi Ngurah Rai menyiapkan tiga konter khusus imigrasi bagi para delegasi World Water Forum.  Tiga orang personel bersiaga di masing-masing konter tersebut sehingga total ada 12 orang petugas.


Komentar