nusabali

Fenomena Bediding, Suhu Udara Lebih Dingin

  • www.nusabali.com-fenomena-bediding-suhu-udara-lebih-dingin

MANGUPURA, NusaBali - Fenomena alam yang dikenal sebagai bediding tengah melanda wilayah Bali, membawa suhu yang lebih dingin dari biasanya. Meskipun Bali sudah memasuki musim kemarau.

Menurut Wulan Wandarana Prakirawan dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Badung, suhu udara di Bali mencapai titik terendah di angka 21 derajat celcius. Kata Wulan, fenomena bediding ini terjadi karena pergerakan angin muson timur yang menggiring massa udara dingin dari Australia ke wilayah Indonesia.

“Fenomena bediding ini merupakan siklus musiman, disebabkan oleh aktifnya angin muson timur yang bersifat kering dan dingin, yang biasanya berlangsung dari bulan Mei hingga Juli dan puncaknya pada bulan Agustus,” ujar Wulan pada Selasa (7/5) pagi.

Lebih lanjut dijelaskan, fenomena ini selain melanda Bali juga melanda wilayah Indonesia yang sudah memasuki periode musim kemarau yaitu wilayah Indonesia bagian selatan, sehingga selama siang hari, suhu udara menjadi lebih panas karena sinar matahari yang menyentuh permukaan bumi tanpa terhalang awan, menyebabkan suhu permukaan bumi meningkat secara signifikan. Meskipun demikian, pagi dan malam hari terasa lebih sejuk dari biasanya.

Sementara, dampak dari fenomena ini tidak hanya terbatas pada perubahan suhu, tetapi juga berpotensi berdampak pada kesehatan masyarakat. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan selama periode ini. “Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mengupdate informasi cuaca dan menjaga kesehatan, khususnya di wilayah Indonesia bagian selatan yang juga mengalami musim kemarau,” tambah Wulan.

Selain itu, masyarakat diharapkan waspada terhadap potensi kekeringan yang bisa terjadi selama musim kemarau ini. Menjaga asupan air yang cukup dan membatasi aktivitas luar selama puncak panas siang hari adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari kondisi cuaca saat ini. Pihaknya terus memantau perkembangan cuaca dan akan memberikan pembaruan secara berkala. 7 ol3

Komentar